PENGARUH MODEL PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN IBU BALITA TENTANG ISPA DI DESA SUMUR BANDUNG KECAMATAN CIKULUR KABUPATEN LEBAK TAHUN 2017

  • Omo Sutomo Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Banten
Keywords: ISPA, Balita, Pengetahuan

Abstract

Pengetahuan diartikan sebagai hasil “tahu” dan itu terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap suatu objek tertentu. Bahwa untuk efektifnya pengetahuan diterima oleh seseorang diperlukan upaya, salah satunya melalui pemilihan model pendidikan kesehatan. Kenyataan dilapangan pendidikan kesehatan dilaksanakan belum sepenuhnya direncanakan, dirancang dengan menggunakan kaidah yang seharusnya. Hasil studi pendahuluan pada bulan April 2017 di Puskesmas Cikulur Kabupaten Lebak balita yang menderita ISPA relatif tinggi, halnya yang sama juga ditemukan Kemenkes (2015). Kondisi ini sangat memprihatinkan yang jika tidak mendapat perhatian akan memberi dampak pada kualitas hidup anak balita mengingat bahaya dari ISPA. Karena itu perlu dilakukan peningkatan kemampuan keluarga khususnya ibu balita melalui peningkatan pengetahuan tentang ISPA sehingga ibu mampu mendeteksi gangguan kesehatan balita dan resiko kematian dapat dihindari. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi pengaruh model pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan ibu balita tentang ISPA di desa Sumur Bandung kecamatan Cikulur kabupaten Lebak tahun 2017. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperiment, dengan pendekatan rancangan eksperimen ulang (pre test-post test group design). Populasi ialah seluruh ibu balita dengan jumlah sampel 184 ibu balita. (intervensi 92, kontrol 92), dengan teknik pengambilan proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan koesioner sebelum dan setelah intervensi. Analisis data secara univariat dan bivariat dengan uji t-test. Untuk mengetahui perbedaan rerata digunakan nilai alpa 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rerata pengetahuan ibu balita tentang ISPA pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol setelah dilakukan intervensi dengan model pendidikan kesehatan (p=0,000)

Published
2018-04-30
Section
Articles