PENGARUH PENDAMPINGAN KADER TERHADAP PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS CIKULUR KABUPATEN LEBAK

  • Omo Sutomo Poltekkes Kemenkes Banten
Keywords: Pendampingan Kader, Pemberian ASI Eksklusif

Abstract

Pemberia ASI eksklusif memiliki kontribusi yang besar terhadap tumbuh kembang dan daya tahan tubuh anak (Patal, 2013), Sayangnya tidak semua ibu berhasil dalam menyusui terutama dalam enam bulan pertama kehidupan bayi. Menurut Pusat Data dan Informasi Kemenkes RI (2014), cakupan ASI eksklusif secara Nasional masih rendah (54,3%), demikian pula di provinsi Banten masih tergolong rendah (47,9%). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendampingan kader terhadap pemberian ASI eksklusif di wilayah kerja Puskesmas Cikulur Kabupaten Lebah tahun 2018. Penelitian ini merupakan penelitian  quasi eksperiment, rancangan seri ganda (multiple time series) design).Sampel ialah ibu pasca nifas sebanyak 92 orang ( 46 orang perlakuan dan 46 orang kontrol). Sampel diambil  dengan teknik quata sampling. Untuk mengetahui kemaknaan pengaruh digunakan nilai α sebesar 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari separuhnya ibu tidak memberikan ASI eksklusi (51,1%). Ibu yang tidak memberikan ASI eksklusif lebih banyak (63.0%) terjadi pada ibuyang tidak didampingi oleh kader  dibandingkan dengan ibu yang didampingi kader  hanya 39,1 % yang tidak memberikan ASI eksklusif pada bayinya.  Terdapat pengaruh yang signifikan pendampingan kader  terhadap pemberian ASI eksklusif (p=0,037). Ibu yang tidak mendapat pendampingan kader  berisiko hampir tiga kali lebih besar untuk tidak memberikan ASI eksklusif pada bayinya dibandingkan dengan ibu yang mendapat pendampingan kader (OR=2,654) 

References

Adiningrum, A., 2014. Buku Pintar ASI Eksklusif. Cetakan Pertama. Jakarta : Salsabila.
BPKB Jawa Timur. 2001. Konsep Pendampingan, BPKB Jawa Timur
Notoatmodjo, S., 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Notoatmodjo. S., 2010. Promosi Kesehatan Teori & Aplikasi. Edisi Revisi. Jakarta : Rineka Cipta.
Pusat Data dan Informasi Kesehatan Kemenkes. 2014. Profil Kesehatan : Kementerian Kesehatan.
Saryono. 2011. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jogyakarta : Mitra Cendikia.
Soetjiningsih. 1997. ASI : Petunjuk Untuk Tenaga Kesehatan. Cetakan I, Jakarta : Buku Kedokteran EGC
Sitepoe, M., 2013. ASI Eksklusif : Arti Penting Bagi Kesehatan. Cetakan 1. Jakarta Barat : PT Indeks
Published
2019-05-31
How to Cite
Sutomo, O. (2019). PENGARUH PENDAMPINGAN KADER TERHADAP PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS CIKULUR KABUPATEN LEBAK. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 6(1), 55-60. https://doi.org/10.36743/medikes.v6i1.158
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.