PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KECEMASAN PADA IBU HAMIL DI KABUPATEN LEBAK

  • Tutik Iswanti Poltekkes Kemenkes Banten
  • Nintinjri Husnida Poltekkes Kemenkes Banten
  • Ayi Tansah Rohaeti Poltekkes Kemenkes Banten
  • Omo Sutomo Poltekkes Kemenkes Banten
Keywords: Kata kunci : Dukungan sosial, kecemasan

Abstract

Latar Belakang : Kecemasan pada kehamilan apabila tidak segera ditangani dengan baik maka akan berdampak pada kondisi fisik dan psikis pada ibu dan janin yang dikandungnya. Menurut Alder et al (2017), kehamilan dengan kecemasan akan mempengaruhi lingkungan intrauterine dan perkembangan janinnya.

Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial terhadap kecemasan ibu hamil.

Metode Penelitian : Metode yang digunakan dalam penelitian  ini  adalah  metode  penelitian  analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 76 responden yang diambil dengan teknik consecutive sampling. Analisis data univariat dipaparkan dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi, analisis bivariat dengan uji statistik Chi-Square dan analisis multivariate dengan regresi logistic.

Hasil : Ibu hamil dengan kecemasan sebesar 38,2%, ibu hamil yang kurang dukungan social sebanyak 30,3%, ibu hamil dengan umur beresiko sebesar 30,3%, ibu hamil dengan tingkat pendidikan rendah sebesar 34,2%, ibu hamil yang bekerja sebanyak 42,1%, ibu hamil primigravida sebanyak 34,2%, dan ibu hamil yang tidak mengikuti latihan fisik sebanyak 36,8%.  Tidak ada pengaruh dukungan sosial terhadap kecemasan ibu hamil (0,887), Faktor yang mempengaruhi kecemasan ibu hamil yaitu tingkat pendidikan (0,000) dan graviditas (0,075) dan faktor yang paling mempengaruhi yaitu tingkat pendidikan (0,000).


Kesimpulan :  Tidak ada pengaruh dukungan sosial terhadap kecemasan ibu hamil

 

Kata kunci          : Dukungan sosial, kecemasan

Published
2021-05-31
How to Cite
Iswanti, T., Husnida, N., Rohaeti, A., & Sutomo, O. (2021). PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KECEMASAN PADA IBU HAMIL DI KABUPATEN LEBAK. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 8(1), 107-118. https://doi.org/10.36743/medikes.v8i1.232
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.