HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KELENGKAPAN IMUNISASI DASAR DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS RANGKASBITUNG DESA CIJORO LEBAK TAHUN 2018

  • nintinjri husnida Poltekkes Kemenkes Banten
  • Tutik Iswanti Poltekkes Kemenkes Banten
  • Ayi Tansah Poltekkes Kemenkes Banten
Keywords: Kelengkapan Imunisasi, Dukungan Keluarga

Abstract

Indikator Mellenium Develompent Goals (MDGs) adalah mengurangi kematian anak dengan target menurunkan angka kematian anak di bawah lima tahun (balita) sebesardua per tiga jumlahnya selama periode tahun 1990 sampai dengant ahun 2015 artinya menurunkan dari 97 per 1000 kelahiran hidup  menjadi 32 per 1000 kelahiran  hidup. Diikuti dengan indikator kesehatan dalam SDGs 2015 yang merupakan goals ketiga yaitu jaminan kesehatan dan promosi kesehatan bagi semua umur. Imunisasi adalah suatu komponen penting untuk menurunkan angka kematian anak usia bawah lima tahun. Pentingnya imunisasi dasar lengkap adalah untuk mencegah kecacatan dan kematian pada bayi / balita. Cakupan imunisasi dasar di Puskesmas sampai saat masih dibawah standar yaitu <  90 %. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara dukungan keluarga dengan kelengkapan imunisasi dasar di Wilayah kerja Puskesmas Rangkasbitung Desa Cijoro Lebak Tahun 2018. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan menggunakan kuesioner. Jumlah sampel yang di gunakan 48 responden.Data penelitian ini diambil secara primer menggunakan kuesioner.Analisis data untuk mengetahui hubungan antar variabel menggunakan Chi-Square.

Hasil penelitian univariat menunjukkan jumlah ibu dengan status imunisasi yang tidak lengkap. Dari hasil uji bivariat didapatkan didapatkan bahwa ada hubungan antara dukungan keluarga  dengan kelengkapan imunisasi dengan nilai OR 6.67.

Saran untuk Jurusan kebidanan Rangkasbitungagar penelitian ini dapat dijadikan referensi di perpustakaan dan dapat menambah ilmu pengetahuan mengenai imunisasi dasar bayi.

Published
2019-11-30
Section
Articles