ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN KEBIDANAN RANGKASBITUNG ANGKATAN TAHUN 2017

Authors

  • Tutik Iswanti Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Banten

DOI:

https://doi.org/10.36743/medikes.v6i1.94

Keywords:

Prestasi belajar, mahasiswa

Abstract

Prestasi belajar merupakan indikator yang penting untuk mengukur keberhasilan proses belajar mengajar. Tujuan dari pembelajaran adalah suatu perubahan tingkah laku yang diharapkan tercapai oleh seseorang setelah melakukan suatu proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa jurusan kebidanan angkatan tahun 2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan rancangan cross sectional. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 86 responden yang diambil dengan teknik total sampling. Analisis data univariat dipaparkan dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi dan analisis bivariat dengan uji statistik uji fisher. Hasil yang didapat adalah mahasiswa dengan IPK kurang di Jurusan kebidanan sebesar 88,4%, lebih banyak yang dari SMA yaitu sebesar 79,1%, mahasiswa dengan jalur masuk jalur umum sebesar 80,2% dan mahasiswa dengan nilai ujian sekolah baik sebesar 51,2%. Tidak ada Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar (IPK) yaitu asal sekolah (0,681), jalur masuk (0,679) dan nilai ujian sekolah (0,315). Prestasi belajar tidak dipengaruhi oleh ketiga faktor yaitu asal sekolah, jalur masuk dan nilai ujian sekolah.

References

Abdillah. Hubungan Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Akuntansi Terhadap Prestasi Akademik.
Ahmadi A, Widodo S. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Djamarah, Bahri S. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Gilakjani, Pourhossein A. 2012. Visual Auditory, Kinaesthetic Learning Style and Their Impact on English Languege Teaching. Journal of Studies In Education 2 (1) : 104-113.
Hakim T, 2010. Belajar secara Efektif
Hamalik O. 2014. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Hamka 2010. Hubungan antara rata-rata nilai UAN dengan IPK tiga semester awal mahasiswa jurusan biologi FMIPA UNM tahun akademik 2008/2009. Makasar : Bionature Vol. 11 (2): Hlm: 85 - 88, Oktober 2010 No. ISSN: 1411-4720
Nasution. 2009. Berbagai Pendidikan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Ratna. 2014. Pengaruh Asal Sekolah Dan Tempat Tinggal Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi D III Kebidanan Universitas Wiraraja Sumenep. Surakarta: Universtias Sebelas Maret
Sardiman. 2005. Interaksi Dan Motovasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Subini N. 2012. Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Jogjakarta: Javalitera.
Sukadi. 2008. Progressive Learning. Bandung: MQS Publishing.
Widya, dkk. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mahasiswa Tingkat II Prodi D3 Kebidanan Stikes Mercubaktijaya Padang Tahun Ajaran 2011/2012. Padang
Yamin M. 2007. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Putra Grafika.

Downloads

Published

2019-05-31

How to Cite

Iswanti, T. (2019). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN KEBIDANAN RANGKASBITUNG ANGKATAN TAHUN 2017. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 6(1), 49–54. https://doi.org/10.36743/medikes.v6i1.94

Issue

Section

Articles