PENGARUH KARTU PINTAR BENCANA TERHADAP SIKAP KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA ANAK SEKOLAH DI KOTA TANGERANG TAHUN 2018
DOI:
https://doi.org/10.36743/medikes.v6i1.93Keywords:
Kartu Pintar, Penanggulangan BencanaAbstract
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat pada bulan Januari sampai Maret tahun 2017 telah terjadi 883 bencana di seluruh Indonesia. Banten merupakan daerah rawan bencana, dimana lebih dari 10 jenis bencana, rawan terjadi didaerah banten dan sekitarnya Pada penilaian indeks risiko bencana daerah dua wilayah di Banten yang memiliki skor di atas 150 poin adalah Kabupaten Lebak dan Pandeglang.(BNPB, 2017). Pengembangan kartu pintar mengenai penanggulangan bencana akan mulai dilakukan pada penelitian ini, dengan harapan strategi peningkatan sikap dalam menghadapi bencana dapat menjangkau sampai anak sekolah. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan pendekatan pretest and postets group design, bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh penggunaan kartu bencana dalam meningkatkan sikap kesiapsiagaan bencana pada anak sekolah dasar. Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Taman Sukarya di Kota Tangerang pada bulan Juni - Nopember 2018 dengan populasi siswa SDN Taman Sukarya. Metode sampling yang digunakan adalah consecutive sampling berjumlah 50 orang untuk masing-masing kelompok intervensi dan kontrol. Rerata sikap pada kelompok yang menggunakan kartu (intervensi) adalah 36,28 dengan standar deviasi 4,36. Pada kelompok yang diberikan tidak diberikan intervensi didapat rata-rata sikap adalah 0,26 dengan standar deviasi 0,75. Hasil uji statsitik diadapatkan nilai P value 0,734 (P value < 0,05) maka dapat disimpulkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata sikap kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Kartu bencana dapat digunakan sebagai wahana baca dan permainan yang mengandung informasi tentang bencana walaupun tidak meningkatkan sikap kesiapsiagaan bencana pada anak sekolah dasar.
References
Aprianto Richi Ledi, Ningsih Sukri Dwi, 2016, Pengaruh Media Pembelajaran Komik Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Bencana Alam Siswa Kelas VI Sekolah Dasar, Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol.8 Nomor 1, Juni 2016, hlm1189-1249. Jakarta
Arifah W, 2012, Media Kartu Bergambar, diakses dari eprints.uny.ac.id. tanggal 17 Okotber 2017
BNPB, 2008, Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana No.4 Tahun 2008 Tentang Pedoman Penyusunan Rencana Penanggulangan Bencana, diakses dari https://BNPB.go.id>migration>pubs tanggal 11 April 2017
Clust, Michael, RJ. Human, dan DM. Simpson. 2007.Mapping and rail safety: the Development of Mapping Display Technology for Data Communication. Center for Hazards Research and Policy Development.
Connor SB, 2014, Factors Associated with the Intention of Health Care Personnel to Respond to a Disaster. Diakses dari http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25384396 tanggal 28 Maret 2017.
Cedri S et all, 2015, Development of an Effective Communication Strategy for the Prevention of Burns in Children: the Prius Project, diakses dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/?term=DISASTER+COMIC tanggal 10 April 2017
Codeanu TA, Celenza A, Jacobs, 2014 ,Does disaster education of teenagers translate into better survival knowledge, knowledge of skills, and adaptive behavioral change? A systematic literature review..Prehosp Disaster Med. 2014 Dec;29(6):629-42. doi: 10.1017/S1049023X14001083. Epub 2014 Oct 20 diakses dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/, tanggal 10 April 2017
Djafar M I, Mantu F N, Patellongi I J. 2013. Pengaruh Tentang Kesiapsiagaan Bencana Banjir Terhadap Pengetahuan dan Sikap Kepala Keluarga di Desa Romang Tangaya Kelurahan Tamangapa Kecamata Manggala Kota Makassar. Laporan Penelitian. Makassar.
Duong, Karen.(2009). Disaster Education and training on emergency nurses in South Australia. Australian Emergency Nursing Journal. Australia.
Dwiarti Retno, 2013, Peningkaan Kemampuan membaca Permulaan Menggunakan Permainan Kartu Kata Pada Anak Kelompok B TK Masyitoh Ngasem Sewon Bantul Yogyakarta, Skripsi UNY, Yogyakarta.
German-Indonesia Cooperation for Tsunami Early Warning System (GITEWS), 2008, Capacity Buliding in Local Communities, Jakarta, Indonseia
Liliani Else, 2015, Pemanfaatan Sastra Anak Sebagai Media Mitigasi Bencana, diakses dari http://staffnew.uny.ac.id/upload/132299491/penelitian/ABSTRAK+ PEMANFAATAN+SASTRA+ANAK+SEBAGAI+MEDIA+MITIGASI+BENCANA.pdf, tanggal 10 April 2017
Meha Nehru, Hengelina, 2017, Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 tahun di BIMBA AIUEO Untuk Alinda Bekasi Utara, diakses dari journal.umj.ac.id tanggal 16 November 2018
Nugroho Isfauzi Hadi, Utomo Hanggara B, 2015, Meningkatkan Kemampuan Membaca Dengan Menggunakan Media Samrt Card Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Janti Kevamatan Papar Kabupaten Kediri, Skripsi, Kediri, Indonesia
Sinha,et all, 2011, Comic Books can Educate Children about Burn Safety in Developing Countries, diakses dari https://www.ncbi.nlm.gov>pubmed tanggal 12 April 2017
Tatalovic, M, 2009, Science Comic As Tools for Science Education and Communication, A Brief, Explanatory Study. JCOM Journal of Science Communication Volume 08(04):1-17.
Wikipedia, 2017, Komik, diakses dari https://id.m.wikipedia.org/komik tanggal 11 April 2017
Zhi Hu Li Za , 2010, Disaster and Disaster Nursing From an education and research Perspective, Juni; 57 (3): 11-6 diakses dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20535673 tanggal 19 Oktober 2017.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.