HUBUNGAN PERAN PERAWAT DALAM RESPONSE TIME DENGAN TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN DI IGD RUMAH SAKIT UMUM KABUPATEN TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.36743/medikes.v6i2.163Keywords:
Peran perawat, response time, kepuasan pelangganAbstract
Instalasi Gawat Darurat sebagai unit pertama intra rumah sakit yang diakses oleh pasien atau keluarga untuk mendapatkan pertolongan awal yang cepat,tepat dan holistik terutama pada kasus kegawatdaruratan. Kondisi ini membutuhkan prioritas penanganan pasien yang datang ke IGD sesuai waktu tanggap (response time). Penanganan tersebut dilakukan petugas sesuai peranannya masing–masing. Adapun peran perawat yang dapat dilakukan meliputi caregiver, client advocate, counsellor, educator, collaborator, coordinator dan counsultan. Kejadian gawat darurat biasanya berlangsung secara tiba–tiba sehingga sulit memprediksi waktu terjadinya, hal tersebut membuat pemerintah menuntut setiap rumah sakit untuk memenuhi kebutuhan sebagai strategi utama yang berorientasi pada kepuasan pasien. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan peran perawat dalam response time dengan tingkat kepuasan pelanggan di IGD Rumah Sakit Umum Kabupaten Tangerang. Desain penelitian menggunakan metode studi analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian merupakan perawat yang berperan dalam response time dan pasien maupun keluarga. Analisis dalam penelitian ini menggunakan uji Chi-Square. Hasil Penelitian menunjukkan adanya hubungan antara peran perawat dalam response time dengan kepuasan pelanggan yakni nilai p value 0,001 (< α 0,05). Hal tersebut menegaskan peran perawat sangat penting dalam menentukan kepuasan pelanggan. Diharapkan perawat dapat meningkatkan peranannya selama response time dalam memberikan pelayanan prima.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.