KOMIK BENCANA MENINGKATKAN SIKAP KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA ANAK SEKOLAH DASAR NEGERI BULAKAN KECAMATAN GUNUNG KENCANA BANTEN SELATAN TAHUN 2017
DOI:
https://doi.org/10.36743/medikes.v5i1.39Keywords:
komik bencana, kesiapsiagaan bencana, sekolah dasarAbstract
Indonesia merupakan salah satu daerah bencana paling aktif di dunia karena posisi geografisnya. Elemen-elemen dalam kesiapan bencana meliputi pengetahuan personal, komunitas dan tingkat nasional. Elemen lain yang tidak kalah penting antara lain pendidikan bencana, dampak respon bencana dan pengembangan respon lokal seperti sistem peringatan dini (early warning system) sebagai bagian penting kesiapan bencana. (Clust,Human & Simpson, 2007). Pengembangan strategi komunikasi yang efektif dibutuhkan untuk mendukung program mandiri terutama untuk anak sekolah, yang merupakan kelompok rentan bencana. Komik adalah salah satu media pembelajaran menarik perhatian karena pesan dapat disampaikan melalui gambar dan kata-kata (Cedri S, et all, 2015). Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan pendekatan pretest and postets group design, bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh penggunaan komik bencana dalam meningkatkan sikap kesiapsiagaan bencana pada anak sekolah dasar. Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Bulakan di Kecamatan Gunung Kencana Banten Selatan pada bulan Juni - Nopember 2017 dengan populasi siswa SDN Bulakan. Metode sampling yang digunakan adalah consecutive sampling berjumlah 50 orang untuk masing-masing kelompok intervensi dan kontrol. Rerata sikap pada kelompok yang tidak membaca komik (kontrol) adalah 33,82 dengan standar deviasi 3,72. Pada kelompok yang diberikan intervensi membaca komik didapat rata-rata sikap adalah 34,82 dengan standar deviasi 3,61. Hasil uji statsitik diadapatkan nilai P value 0,044 (P value < 0,05)maka dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata sikap kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Peningkatan sikap kesiapsiagaan bencana pada anak sekolah dasar khususnya dapat dilakukan dengan pemberian komik bencana, baik di sekolah sebagai tambahan media pembelajaran maupun sebagai wahana baca di rumah.
References
Aprianto Richi Ledi, Ningsih Sukri Dwi, 2016, Pengaruh Media Pembelajaran Komik Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Bencana Alam Siswa Kelas VI Sekolah Dasar, Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol.8 Nomor 1, Juni 2016, hlm1189-1249. Jakarta
BNPB, 2008, Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana No.4 Tahun 2008 Tentang Pedoman Penyusunan Rencana Penanggulangan Bencana, diakses dari https://BNPB.go.id>migration>pubs tanggal 11 April 2017
Clust, Michael, RJ. Human, dan DM. Simpson. 2007.Mapping and rail safety: the Development of Mapping Display Technology for Data Communication. Center for Hazards Research and Policy Development.
Connor SB, 2014, Factors Associated with the Intention of Health Care Personnel to Respond to a Disaster. Diakses dari http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25384396 tanggal 28 Maret 2017.
Cedri S et all, 2015, Development of an Effective Communication Strategy for the Prevention of Burns in Children: the Prius Project, diakses dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/?term=DISASTER+COMIC tanggal 10 April 2017
Codeanu TA, Celenza A, Jacobs, 2014 ,Does disaster education of teenagers translate into better survival knowledge, knowledge of skills, and adaptive behavioral change? A systematic literature review..Prehosp Disaster Med. 2014 Dec;29(6):629-42. doi: 10.1017/S1049023X14001083. Epub 2014 Oct 20 diakses dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/, tanggal 10 April 2017
Djafar M I, Mantu F N, Patellongi I J. 2013. Pengaruh Tentang Kesiapsiagaan Bencana Banjir Terhadap Pengetahuan dan Sikap Kepala Keluarga di Desa Romang Tangaya Kelurahan Tamangapa Kecamata Manggala Kota Makassar. Laporan Penelitian. Makassar.
Duong, Karen,2009, Disaster Education and training on emergency nurses in South Australia. Australian Emergency Nursing Journal. Australia.
Gumelar, MS, 2011, Comic Making, Jakarta: Indeks
Husna Cut, 2012, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesiapsiagaan Bencana di RSUDZA Banda Aceh, Idea Noursing Journal, (ISSN: 2087-2879), diakses dari http://jurnal.unsyiah.ac.id/INJ/article/viewFile/1578/1459, tanggal 14 Oktober 2017
I’liyin Yayan Janatul, 2016, Penggunaan Media Komik Untuk Pembelajaran Kebencanaan Longsir di SMPN 41 Semarang, Skripsi, Universitas Negeri Semarang, diakses dari http://lib.unnes.ac.id/27382/1/3201412147.pdf, tanggal 14 Oktober 2017
Liliani Else, 2015, Pemanfaatan Sastra Anak Sebagai Media Mitigasi Bencana, diakses dari http://staffnew.uny.ac.id/upload/132299491/penelitian/ABSTRAK+ PEMANFAATAN+SASTRA+ANAK+SEBAGAI+MEDIA+MITIGASI+BENCANA.pdf, tanggal 10 April 2017
Sinha,et all, 2011, Comic Books can Educate Children about Burn Safety in Developing Countries, diakses dari https://www.ncbi.nlm.gov>pubmed tanggal 12 April 2017
Sutrisna Caesar Esaputra, Mansoor Alavanov Zpalanzani, 2017, Perancangan Komik Edukasi Bencana Gempa Bumi Untuk Murid SD Umur 9-12 Tahun di Indonesia, Jurnal Tingkat Sarjana Seni Rupa dan Desain No.1, diaskes dari urnal-s1.fsrd.itb.ac.id/index.php/viscom/article/download/592/508 tanggal 14 Oktober 2017.
Tatalovic, M, 2009, Science Comic As Tools for Science Education and Communication, A Brief, Explanatory Study. JCOM Journal of Science Communication Volume 08(04):1-17.
Wikipedia, 2017, Komik, diakses dari https://id.m.wikipedia.org/komik, tanggal 11 April 2017
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.