Deteksi Molekuler Klebsiella pneumoniae K1, K2, dan K5 yang Diisolasi dari Berbagai Spesimen Klinis

  • Aminah Aminah Poltekkes Kemenkes Banten
  • Citra Trisna Teknologi Laboratorium Medis, Poltekkes Kemenkes Banten
  • Dewi Lokida Laboratorium Infeksi, Rumah Sakit Umum Kabupaten Tangerang
Keywords: Klebsiella, resistan, K1, K2, K5

Abstract

Klebsiella pneumoniae adalah salah satu penyebab utama healthcare-associated infections dengan tingkat multidrug resistance (MDR) tinggi, terutama klon penghasil extended-spectrum beta-lactamase (ESBL) dan carbapenemase (CP). Serotipe kapsul Klebsiella pneumoniae sangat bervariasi sesuai tingkat resistensinya terhadap serum dengan K1, K2, dan K5 menjadi penanda strain hipervirulen yang berbeda dari Klebsiella pneumoniae klasik dalam masyarakat pada umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan teknik polymerase chain reaction (PCR) untuk mendeteksi genotipe kapsul K1, K2, dan K5 Klebsiella pneumoniae asal pasien Rumah Sakit Umum (RSU) Kabupaten Tangerang. Isolasi dan uji resistensi dilakukan oleh Laboratorium RSU Kabupaten Tangerang. Konfirmasi spesies K. pneumoniae dan deteksi genotipe kapsul dengan metode PCR dilakukan di Laboratorium Molekuler Poltekkes Kemenkes Banten. Sebanyak delapan isolat (26,7%) merupakan K. pneumoniae resistan Carbapenem dan 11 (36,7%) penghasil extended spectrum beta-lactamase (ESBL). Dari total 31 sampel yang diperoleh, hanya satu isolat yang tidak dapat dikonfirmasi. Seluruh isolat yang terkonfirmasi K. pneumoniae diproses untuk tahap selanjutnya. Pemeriksaan PCR menggunakan primer untuk mendeteksi genotipe kapsul K1, K2, dan K5 menunjukkan hanya satu isolat (3,3%) yang diduga merupakan strain hipervirulen dengan genotipe kapsul K2. Tidak ada genotipe K1 dan K5 pada semua isolat yang diperiksa.

Published
2023-12-09
How to Cite
1.
Aminah A, Trisna C, Lokida D. Deteksi Molekuler Klebsiella pneumoniae K1, K2, dan K5 yang Diisolasi dari Berbagai Spesimen Klinis. JoMLR [Internet]. 9Dec.2023 [cited 17Jun.2024];2(1):1-. Available from: https://jurnal.poltekkesbanten.ac.id/JoMLR/article/view/633

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.