PERSEPSI DAN SIKAP IBU HAMIL TERHADAP PEMANFAATAN PELAYANAN ANTE NATAL CARE (ANC) OLEH BIDAN DI WILAYAH I PUSKESMAS KABUPATEN LEBAK TAHUN 2016
DOI:
https://doi.org/10.36743/medikes.v4i1.66Keywords:
Persepsi, Sikap, Ibu Hamil, ANC, BidanAbstract
Menurut KepMenPAN Nomor 58 Tahun 2002 menyatakan ada tiga jenis pelayanan, salah satunya yaitu pelayanan jasa yang diberikan oleh penyedia layanan yang bersentuhan langsung kepada masyarakat, diantaranya pelayanan asuhan kebidanan pada ibu hamil berupa pelayanan Antenatal Care.
Persepsi masyarakat terhadap suatu layanan merupakan suatu tolok ukur untuk menigkatkan kualitas pelayanan yang pada akhirnya akan membentuk kepuasan pelanggan. Hasil penelitian Saputri Reni (2009) tentang persepsi masyarakat terhadap pelayanan kesehatan sebagian besar persepsi masyarakat dalam kategori cukup (52,5%). Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi dan sikap ibu hamil terhadap pemanfaatan pelayanan ANC oleh bidan di wilayah I Puskesmas Kabupaten Lebak.
Desain penelitian dilakukan dengan pendekatan Cross sectional. Besar sampel sebanyak 100 responden, populasinya ibu hamil yang mendapatkan pelayanan ANC oleh bidan. Analisis data menggunakan uji Chi Square.
Hasil analisis univariat sebagian besar 94.0% ibu hamil mempunyai persepsi baik terhadap pemanfaatan pelayanan ANC oleh bidan, sebesar 66.0% sikap ibu hamil terhadap pemanfaatan layanan ANC oleh bidan adalah baik, dan pemanfaatan layanan ANC yang diberikan oleh bidan sebagian besar 71.0% adalah baik. Hasil analisis bivariat pada variable persepsi didapatkan nilai P 1,000 maka tidak ada hubungan yang signifikan antara persepsi dengan pemanfaatan pelayanan ANC oleh bidan, penelitian ini sejalan dengan Lukiono (2011) bahwa pemanfaatan pelayanan kesehatan di puskesmas tidak dipengaruhi oleh persepsi masyarakat atas mutu pelayanan kesehatan. Pada variable sikap didapatkan nilai P 0.122, maka tidak ada hubungan yang signifikan antara sikap dengan pemanfaatan pelayanan ANC oleh bidan, pernyataan ini sesuai Notoatmodjo (2008) bahwa sikap seseorang yang baik tidak bisa menjamin untuk bisa berprilaku yang positif dalam pemanfaatan pelayanan kesehatan.
Bidan hendaknya lebih meningkatkan lagi kualitas dalam memberikan pelayanan ANC terutama keterampilan komunikasi, karena komunikasi dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan perubahan prilaku ibu hamil dalam melakukan perawatan kehamilan. Ibu hamil hendaknya membagikan pengalaman positif tentang perawatan kehamilan kepada ibu-ibu yang lain.
References
Depkes RI, Pedoman Program Perencanaan dan Pencegahan Stiker dalam Rangka Mempercepat penurunan AKI. Departemen Kesehatan. Jakarta, 2002.
------------, Faktor yang Mempengaruhi Kunjungan Pemeriksaan ANC. Jakarta, 2008.
Green LW. Health Promotion Planning An Educational and Environmental Approach. USA: Mayfield Publishing Company, 2000
Kurniati T. Ilmu Kesehatan masyarakat untuk kebidanan. Jakarta, 2010.
Lukiono, Persepsi Dan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Oleh Keluarga Penerima Jamkesmas.Jurnal Kesehatan Vol.7 no 1, Maret 2015. Medika Majapahit. Mojokerto
Modul peatihan Acuan Midwifery Update. IBI 2016
Notoatmodjo. Ilmu Prilaku . Rineka Cipta. Jakarta 2007.
Notoatmodjo. Ilmu Prilaku dan Aplikasinya. Rineka Cipta. Jakarta 2010.
Notoatmodjo. Ilmu Prilaku Dan Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta 2005.
Notoatmodjo. Metodologi Penelitian kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta 2003.
Pohan, Imbalo S, Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. EGC. Jakarta. 2006.
Prawirohardjo,S. Ilmu Kebidanan ECG. Jakarta, 2014.
Rahmah, N, Pengaruh Pengetahuan, Sikap dan Motivasi Terhadap Minat Bidan Mengikuti Uji Kompetensi Di Kota Semarang. Tesis, TAHUN 2007.
Santosa, H, Persepsi Masyarakat terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Binjai Kota, Departemen Kependudukan dan Biostatistika Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara, 2007.
Saryono, Metodologi Penelitian Kesehatan, Mitra Cendikia Press. Jogjakarta. 2011.
Siyoto, Sandu., Persepsi dan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Oleh Keluarga Penerima Jamkesmas. Medika Majapahit, Jurnal Ilmiah Kesehatan, Vol.7 No. 1.2015
Sunarsih, Y, Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Klinik Terpadu Poltekkes Tanjungkarang, Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Tangjungkarang, 2013.
Tando, Naomie M., Mutu Layanan Kebidanan dan Kebijakan Kesehatan. IN MEDIA. 2013.
Varney H. Buku Saku Bidan. ECG. Jakarta, 2002.
Watugigir, S.Z, Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil Tentang Antenatal care Dengan Penggunaan Buku KIA Di Wilayah Kerja Puskesmas Ranotana Wamena Manado. Tesis 2014.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.