PENGARUH LAMANYA PENGGUNAAN HP, DAN KEBIASAAN SARAPAN PAGI TERHADAP KELELAHAN FISIK YANG DIALAMI OLEH SISWA

Authors

  • Kadar Kuswandi Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Banten

DOI:

https://doi.org/10.36743/medikes.v5i2.55

Keywords:

Penggunaan HP, Kebiasaan Sarapan, Kelelahan Fisik

Abstract

Kelelahan  yang terjadi pada siswa merupakan salah satu penyebab terjadinya ketidakmampuan siswa dalam mengikuti proses belajar secara optimal. Kelelahan  dapat dikarenakan adanya penggunaan waktu yang terlalu banyak oleh siswa seperti penggunaan HP, sehingga siswa memiliki sedikit waktu untuk istirahat. Ketidakbiasaan sarapan pagi atau kualitas sarapan pagi yang kurang baik dapat pula menyebabkan siswa tidak optimal dalam berkonsentrasi. Suatu penelitian ditemukan bahwa sebesar 55% siswa memiliki prestasi belajar yang belum mencapai baik. Penelitian lain ditemukan bahwa kesiapan belajar siswa, disiplin belajar siswa, lingkungan keluarga, dan frekuensi makan memiliki pengaruh yang bermakna terhadap prestasi belajar siswa, serta kelelahan fisik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi pengaruh lamanya penggunaan HP, dan kebiasaan sarapan pagi terhadap kelelahan  siswa kelas 8 SMPT Al Qudwah Kecamatan Kalanganyar Kabupaten Lebak. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Juli 2017, analisis data secara univariat, bivariat menggunakan Kai-Kuadrat, dan multivariable menggunakan analisis regresi logistic berganda. Penelitian ini menggunakan disain cross sectional, dengan populasi sebanyak 119 orang siswa (total populasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 49.6% siswa memiliki kebiasaan sarapan pagi dengan kualitas kurang baik; 56.3% siswa menggunakan HP lebih dari 2 jam dalam sehari; dan 85,7% siswa mengalami kelelahan saat menjalankan proses belajar di kelas; serta 36.3% siswa mengikuti program sekolah boarding. Secara bivariat diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan antara kualitas sarapan pagi dengan kelelahan (p=0.002); terdapat hubungan antara lama penggunaan HP dengan kelelahan (hanya dilakukan pada siswa yang program fullday, karena boarding tidak dibolehkan membawa HP), dengan nilai p=0.012. Secara multivariate diperoleh hasil kualitas sarapan pagi dan lama penggunaan HP berpengaruh terhadap kelelahan setelah dikontrol dengan variable program sekolah; dan program sekolah merupakan variable konfonding.

References

Ahmadi, Abu. 2003. Psikologi Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta
Al Ayouby, M. Hafiz. 2017. Skripsi: Dampak Penggunaan Gatget pada Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Lampung
Budiono, S., Jusuf, Pusparini, A. 2003. Bunga Rampai HIPERKES & Kesehatan Kerja (cetakan ke-1). Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang
Fadlullah. 2011. Doktrin Pesantren, Menghidupkan Tradisi Belajar untuk Mengabdi. Cetakan pertama. Dinas Pendidikan Provinsi Banten. Serang.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Cetakan 10. CV Pustaka Setia. Bandung
Noorkasiani dkk . 2012. Sosiologi Kebidanan. Cetakan pertama. CV Trans Info Media. Jakarta
Paath, Erna Prancin. Yuyum Rumdasih dan Heryati. 2005. Gizi dalam Kesehatan Reproduksi. Cetakan pertama. EGC. Jakarta.
Raviando, Ajeng. 24 Februari 2016. Artikel: Ikuti Batasan Waktu Penggunaan Gadget Sesuai Usia. Liputan6. Jakarta
Santoso, Soegeng dan Anne Lies Ranti. 2004. Kesehatan dan Gizi. Cetakan kedua. Departemen Pendidikan Nasional dan PT Rineka Cipta. Jakarta.
Scholarly Articles for prestasi belajar siswa. Mulyani, Dessy.2013. Konselor. Vol.2, No.1. Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar.
Scholarly Articles for prestasi belajar siswa. Khalid, Muhammad. 2007. Scientific Journal of Universitas Negeri Semarang. Vol.2, No.2. Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Semarang
Scholarly Articles for prestasi belajar siswa. Zulaihah dan Laksmi Widajanti. 2006. Jurnal Gizi Indonesia – Indonesian Journal of Nutrition. Vol 1, Nomor 2. Hubungan Kecukupan Asam Eikosapentanoat (EPA), Asam Dokosaheksanoat (DHA) Ikan dan Status Gizi dengan Prestasi Belajar Siswa. Universitas Diponogoro. Semarang
Sediautama, Achmad Djaeni. 2004. Ilmu Gizi untuk Mahasiswa dan Profesi. Cetakan keempat. Dian Rakyat. Jakarta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Cetakan kelima. PT Rineka Cipta. Jakarta.
Suma’mur P. K. 1993. Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan. Haji Masagung.Jakarta
Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Belajar. Ed.Revisi. Cetakan 10. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.
Wignjosoebroto, Sritomo. 2003. Ergonomi Studi Gerak dan Waktu. Surabaya: GunaWidya

Downloads

Published

2018-11-30

How to Cite

Kuswandi, K. (2018). PENGARUH LAMANYA PENGGUNAAN HP, DAN KEBIASAAN SARAPAN PAGI TERHADAP KELELAHAN FISIK YANG DIALAMI OLEH SISWA. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 5(2), 132–155. https://doi.org/10.36743/medikes.v5i2.55

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>