PENGARUH PENDIDIKAN BENCANA GEMPA BUMI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA SMK KARYA BANGSA KOTA TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.36743/medikes.v7i2.248Keywords:
pendidikan kesehatan, pengetahuan, sikap, bencana, mitigasi bencanaAbstract
Dampak bencana telah mengakibatkan banyak orang mengalami kesusahan, dan kesedihan sehingga perlu adanya kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana secara psikologis dan kaitannya dengan aktivitas keseharian didalam maupun diluar rumah. Pengetahuan tentang bencana perlu dipersiapkan sejak dini kepada masyarakat yang berisiko bencana untuk menghindari atau memperkecil resiko bencana dengan salah satu upaya melalui mitigasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan bencana gempa bumi terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap siswa SMK Karya Bangsa Kota Tangerang. Metode yang digunakan yaitu quasi experiment dengan pendekatan pretest-posttest with control group dengan sampel sebanyak 50 orang yang diambil dengan secara purposive sampling. Hasil penelitian yaitu terdapat perbedaan pengetahuan dan sikap responden sebelum dan sesudah diberikan pendidikan bencana gempa bumi. Disarankan untuk institusi perlu mengadakan pengembangan kompetensi siswa melalui pemberian pelajaran muatan lokal kegawatdaruratan bencana, kegiatan seminar dan pelatihan khusus tentang simulasi bencana gempa bumi. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian dalam bentuk desain, populasi dan sampel yang berbeda.
References
Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2010). Jurnal Dialog Penanggulangan Bencana. Jakarta: Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Volume I Nomor 1, Oktober 2019.
Chairummi, Sari, A.S., Ridha, M. 2013. Pengaruh Konsep Diri dan Pengetahuan Siswa Terhadap Kesiapsiagaan Bencana Gempabumi di SDN 27 dan MIN Merduati Banda Aceh. Kesehatan Ilmiah Nasuwakes. 6 (2). hlm:239-249.
Christanto, Joko. 2011. Gempa Bumi, Kerusakan Lingkungan, Kebijakan dan Strategi Pengelolaan. Yogyakarta : Liberty Yogyakarta
Hamdani, Abdul Kodir. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia
Konsorsium Pendidikan Bencana Indonesia. 2008. Kerangka Kerja Sekolah Siaga Bencana. Jakarta :Konsorsium
Konsorsium Pendidikan Bencana Indonesia. (2011). Kerangka Kerja Sekolah Siaga Bencana.Jakarta: http://gerashiaga.files.wordpress.com/2019/06/buku-kerangka-kerjasekolah-siaga-bencana.pdf
LIPI-UNESCO/ISDR. 2006. Kajian Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Mengantisipasi Bencana Gempa Bumi Dan Tsunami. Jakarta: Deputi Pengetahuan Kebumian LIPI.
Maarif, Syamsul. 2010. Jurnal Dialog Penanggulangan Bencana.Jakarta :Badan Penanggulangan Bencana. Volume 1 Nomor 1 (2087, 636X)
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran.Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Pawirodikromo, Widodo. 2012. Seismologi Teknik Rekayasa Kegempaan. Yogyakarta :Pustaka Pelajar
Pribadi, S. Krisna. 2008. Buku Pegangan guru Pendidikan siaga bencana. Bandung: Pusat Mitigasi Bencana-Institu Teknologi Bandung.
Sabri. (2014). Pengaruh Pengintegrasian Materi Kebencanaan ke Dalam Kurikulum Terhadap Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami pada Siswa SD dan Menengah Di Banda Aceh. Tesis tidak dipublikasikan. Banda
Aceh: Program Studi Magister Ilmu Kebencanaan Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Darussalam Banda Aceh
Sopaheluwakan, Jan, dkk. 2006. Kajian Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Mengantisipasi Bencana Gempa Bumi & Tsunami. Jakarta: LIPI.
Undang-undang Republik Indonesia No. 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.