PENGARUH PENDIDIKAN BENCANA GEMPA BUMI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA SMK KARYA BANGSA KOTA TANGERANG

Authors

  • Viyan Septiyana Achmad Poltekkes Kemenkes Banten

DOI:

https://doi.org/10.36743/medikes.v7i2.248

Keywords:

pendidikan kesehatan, pengetahuan, sikap, bencana, mitigasi bencana

Abstract

Dampak bencana telah mengakibatkan banyak orang mengalami kesusahan, dan kesedihan sehingga perlu adanya kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana secara psikologis dan kaitannya dengan aktivitas keseharian didalam maupun diluar rumah. Pengetahuan tentang bencana perlu dipersiapkan sejak dini kepada masyarakat yang berisiko bencana untuk menghindari atau memperkecil resiko bencana dengan salah satu upaya melalui mitigasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan bencana gempa bumi terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap siswa SMK Karya Bangsa Kota Tangerang. Metode yang digunakan yaitu quasi experiment dengan pendekatan pretest-posttest with control group dengan sampel sebanyak 50 orang yang diambil dengan secara purposive sampling. Hasil penelitian yaitu terdapat perbedaan pengetahuan dan sikap responden sebelum dan sesudah diberikan pendidikan bencana gempa bumi. Disarankan untuk institusi perlu mengadakan pengembangan kompetensi siswa melalui pemberian pelajaran muatan lokal kegawatdaruratan bencana, kegiatan seminar dan pelatihan khusus tentang simulasi bencana gempa bumi. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian dalam bentuk desain, populasi dan sampel yang berbeda.  

References

Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2010). Jurnal Dialog Penanggulangan Bencana. Jakarta: Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Volume I Nomor 1, Oktober 2019.

Chairummi, Sari, A.S., Ridha, M. 2013. Pengaruh Konsep Diri dan Pengetahuan Siswa Terhadap Kesiapsiagaan Bencana Gempabumi di SDN 27 dan MIN Merduati Banda Aceh. Kesehatan Ilmiah Nasuwakes. 6 (2). hlm:239-249.

Christanto, Joko. 2011. Gempa Bumi, Kerusakan Lingkungan, Kebijakan dan Strategi Pengelolaan. Yogyakarta : Liberty Yogyakarta

Hamdani, Abdul Kodir. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia

Konsorsium Pendidikan Bencana Indonesia. 2008. Kerangka Kerja Sekolah Siaga Bencana. Jakarta :Konsorsium

Konsorsium Pendidikan Bencana Indonesia. (2011). Kerangka Kerja Sekolah Siaga Bencana.Jakarta: http://gerashiaga.files.wordpress.com/2019/06/buku-kerangka-kerjasekolah-siaga-bencana.pdf

LIPI-UNESCO/ISDR. 2006. Kajian Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Mengantisipasi Bencana Gempa Bumi Dan Tsunami. Jakarta: Deputi Pengetahuan Kebumian LIPI.

Maarif, Syamsul. 2010. Jurnal Dialog Penanggulangan Bencana.Jakarta :Badan Penanggulangan Bencana. Volume 1 Nomor 1 (2087, 636X)

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran.Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Pawirodikromo, Widodo. 2012. Seismologi Teknik Rekayasa Kegempaan. Yogyakarta :Pustaka Pelajar

Pribadi, S. Krisna. 2008. Buku Pegangan guru Pendidikan siaga bencana. Bandung: Pusat Mitigasi Bencana-Institu Teknologi Bandung.

Sabri. (2014). Pengaruh Pengintegrasian Materi Kebencanaan ke Dalam Kurikulum Terhadap Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami pada Siswa SD dan Menengah Di Banda Aceh. Tesis tidak dipublikasikan. Banda

Aceh: Program Studi Magister Ilmu Kebencanaan Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Darussalam Banda Aceh

Sopaheluwakan, Jan, dkk. 2006. Kajian Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Mengantisipasi Bencana Gempa Bumi & Tsunami. Jakarta: LIPI.

Undang-undang Republik Indonesia No. 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

Achmad, V. S. (2020). PENGARUH PENDIDIKAN BENCANA GEMPA BUMI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA SMK KARYA BANGSA KOTA TANGERANG. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 7(2), 297–304. https://doi.org/10.36743/medikes.v7i2.248

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)