HUBUNGAN ANTARA PROSEDUR PELAYANAN, KEMAMPUAN PETUGAS PELAYANAN, KECEPATAN PELAYANAN, DAN KENYAMANAN LINGKUNGAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN AKSEPTOR KB PADA FKTP YANG TEREGRISTRASI K/O/KB DI KOTA CILEGON TAHUN 2018
DOI:
https://doi.org/10.36743/medikes.v7i1.212Keywords:
Tingkat Kepuasan Aseptor KBAbstract
Abstrak
Hubungan Antara Prosedur Pelayanan, Kemampuan Petugas Pelayanan, Kecepatan Pelayanan, Dan Kenyamanan Lingkungan Dengan Tingkat Kepuasan Akseptor Kb Pada FKTP Yang Teregristrasi K/O/Kb Di Kota Cilegon Tahun 2018Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara prosedur pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, kecepatan pelayanan, dan kenyamanan lingkungan dengan tingkat kepuasan Akseptor KB pada FKTP yang teregister K/0/KB di kota Cilegon.
Metode Cross Sectional. Lokasi penelitian sebanayak 27 faskes. Populasi seluruh Akseptor KB yang berkunjung ke faskes di Cilegon yang telah teregristrasi K/0/KB. Sampel pada penelitian ini adalah 200 responden. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan Accidential Sampling
Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan bermakna antara Prosedur Pelayanan, Kecepatan Pelayanan, Kemampuan Petugas dan kenyamanan lingkungan dengan kepuasan responden pengguna layanan KB
Saran yang harus dijadikan prioritas utama dalam perbaikan pelayanan disesuaikan dengan hasil temuan penelitian ini adalah ;(1) Ketepatan waktu pelayanan (2) peningkatan kompetensi petugas dalam kegiatan KIE (3) perbaikan tata kelola penataan srana dan prasarana di fasilitas kesehatan
(4) Pelatihan costumer satiscaction bagi tenaga kesehatan (5) evaluasi secara berkelanjutan terhadap kinerja publik pemberil layanan KB pada faskes yang terintegrasi K/0/KB
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.