PENGARUH TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN KETERAMPILAN MENCUCI TANGAN PADA ANAK DI SD TAMAN SUKARIA I KOTA TANGERANG

Authors

  • Ema Hikmah Poltekkes Kemenkes Banten

DOI:

https://doi.org/10.36743/medikes.v6i1.162

Keywords:

terapi puzzle, Cuci Tangan

Abstract

Cuci tangan sangat efektif dalam mencegah penularan penyakit, sehingga pengenalan cuci tangan sejak dini sangat penting agar anak tercegah dari terjangkitnya penyakit. Banyak alat dan cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat anak melalui pendidikan kesehatan, salah satunya yaitu dengan terapi bermain puzzle Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui pengaruh terapi bermain puzzle terhadap pengetahuan, sikap dan keterampilan cuci tangan pada siswa kelas 1 di SDN Taman Sukaria 1 Kota Tangerang.  Tempat penelitian di SDN taman Sukaria 1 Kota Tangerang periode Juni sampai Nopember  2018. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuasi-eksperimen. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 59 siswa dengan rincian 29  orang kelompok control dan 30  orang kelompok intervensi. Desain kuasi-eksperimen dalam penelitian menggunakan tipe onegroup design dengan pre dan  post test. Analisi bivariat yang digunakan adalah t-test independent. Hasil penelitian Ada perbedaan signifikan terapi bermain puzzle dapat meningkatkan pengetahauan, sikap dan keterampilan  mencuci tangan pada siswa SD Kls 1 di SDN Taman Sukaria 1 Kota Tangerang pada kelompok intervens  (p value=0,000 α=0,05). Hasil yang signifikan pada penelitian ini menunjukan bahwa hal ini bermakna apabila terapi bermain puzzle dilakukan maka siswa dapat meningkat pengetahuan, sikap dan keterampilannya dalam mencuci tangan. Disasankan pada guru dan orangtua agar menciptakan suasana yang menyenangkan pada saat belajar salah satunya dengan menggunakan terapi bermain puzzzle

References

Azizah, Nurul. (2015). Pengaruh Terapi Bermain SCL (Snake, Cards and Ladders) terhadap Keterampilan Mencuci Tangan Siswa Kelas I dan II di SDN Pakusasri II Kabupaten Jember. Jakarta: Jurnal Pustaka Kesehatan Volume 3 No. 3
Beaty, Janice J. (2013). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana Prenademedia Group, Jakarta.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Depkes RI. (2009). Sistem Kesehatan Nasional. Jakarta: Depkes RI
Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
Gunarsa, D. S. (2006). Psikologi Praktis: Dari Anak Sampai Usia Lanjut. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.
Helmi. (2009). 12 Permainan untuk Meningkatkan Intelegensia Anak. Jakarta: Visimedia https://books.google.co.id/books?id=pyVUBAAAQBAJ&pg=PA36&dq=konsep+bermain+puzzle&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwjplJOCt77YAhVFp48KHT5NBPgQ6AEIWDAH#v=onepage&q&f=false diakses pada 4 Desember 2017
Hidayat, A. Aziz Alimul. (2007). Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika
Hidayat, Aziz Alimul. (2008). Pengantar Ilmu Kesehatan Anak. Jakarta: Salemba Medika
Kemenkes RI. (2013). Riset Kesehatan Dasar/Riskesdas. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Kemenkes RI. (2014). Infodatin: Perilaku Mencuci Tangan Pakai Sabun di Indonesia. Jakarta: Pusdatin Kemenkes RI
Kementerian Kesehatan RI. (2013). Pedoman Pembinaan Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta: Kemenkes RI
Lestari, Titik. (2015). Kumpulan Teori Untuk Kajian Pustaka Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika
Montolalu, dkk. (2009). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka
Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Nurvita. (2014). Permainan Puzzle Berpengaruh Terhadap Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Di TK Pertiwi Karanglor, Manyaran Wonogiri.
Poerwadarmita, W.J.S. (2011). Kamus Umum Bahasa Indonesia Edisi III. Jakarta: Balai Pustaka
Potter, P.A, & Perry, A.G. (2005) Findamental Nursing: Concept, Process and Practice. Sixth edition. St. Louis: Mosby Year Book.
Prayogi. (2017). Pengaruh Media Video dan Permainan Ular Tangga dalam Peningkatan Perilaku Anak mengenai Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di TK Dian Ekawati. Medan: Universitas Sumatera Utara
Proverawati dan Rahmawati. (2012). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Yogyakarta: Nuha Medika.
Proverawati, A & Rahmawati, E. (2011). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Yogyakarta: Nuha Medika
Reza, Muhammad. (2013). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Media Puzzle pada Kelompok B di TK Siswa Budi 1 Surabaya. http://ejournal.unesa.ac.id Diakses online pada 4 Desember 2017.
Sobur, Alex. (2016). Psikologi Umum. Bandung: CV. Pustaka Setia
Soebachman, Agustina. 2012. Permainan Asyik Bikin Anak Pintar. Yogyakarta. In Azna Books.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta
Sujarweni, V Wiratna. (2015). Statistik untuk Kesehatan. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Sujiono. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT. Indeks
Sumantri, Arif. (2013). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Kencana Prenada Media GroupSunaryo. (2013). Psikologi untuk Keperawatan. Jakarta: EGC.
Supartini. (2004). Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta: EGC
Umama. (2016). Pojok Bermain Anak. Yogyakarta: CV. Diandra Primamitra Media https://books.google.co.id/books?id=fSfTDQAAQBAJ&pg=PA144&lpg=PA144&dq=konsep+bermain+puzzle&source=bl&ots=mbUdZEHfle&sig=L1KdRqLgZdMckSEKhvttcFBrq2A&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwjkz6eNs77YAhXENY8KHaUBBiIQ6AEIaDAH#v=onepage&q=konsep%20bermain%20puzzle&f=false diakses pada 4 Desember 2018
Wawan, A dan Dewi M. (2011). Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika
Widhiarso, Wahyu. (2011). SKALO Program Analisis Skala Guttman. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM
Wong, et al. (2001). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. Jakarta: EGC
World Health Organization. (2009). Guidelines On Hand Hygiene In Health Care. Switzerland: WHO. http://who.int/patientsafety/en/ diakses pada 5 Desember 2018
Yulianti, Rani. (2008). Permainan yang Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Laskar Askara
Rini AT, et al. 2009. Karakteristik Leukemia Limfoblastik Akut pada Anak di Rumah Sakit Kanker Dharmais 2000-2008. http://indonesianjournalofcancer.or.id/ejournal/index.php/ijoc/article/view/122. Diakses Oktober 2016
Saadadiyah N, Sartika D. 2015. Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Character Strength Orang Tua Dari Anak Penderita Kanker Di Rumah Cinta Bandung. http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/1184. Diakses Oktober 2016

Downloads

Published

2019-05-31

How to Cite

Hikmah, E. (2019). PENGARUH TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN KETERAMPILAN MENCUCI TANGAN PADA ANAK DI SD TAMAN SUKARIA I KOTA TANGERANG. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 6(1), 77–90. https://doi.org/10.36743/medikes.v6i1.162

Issue

Section

Articles