PENGARUH TERAPI MUROTTAL AL-QUR'AN SURAH MARYAM TERHADAP INTENSITAS NYERI PERSALINAN

  • Elva Febri Ashari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Salsabila Serang
  • Ika Lustiani Ika STIKes Salsabila Serang
  • Dwinda Sari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Salsabila Serang
  • Siska Aryani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Salsabila Serang
Keywords: Nyeri Persalinan, Terapi Murottal Al-Qur’an Surah Maryam

Abstract

Nyeri persalinan merupakan hal yang fisiologis yang akan dirasakan oleh setiap wanita yang akan bersalin. Salah satu cara untuk mengurangi rasa nyeri pada saat proses persalinan yaitu dengan cara pemberian terapi Murottal Al-Qur’an Surah Maryam. Tujuan penelitian ini untuk diketahuinya pengaruh terapi Murottal Al-Qur’an Surah Maryam dalam mengurangi intensitas nyeri pada saat persalinan kala 1 fase aktif. Dalam penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen dengan rancangan pre dan post test one grup control design dengan jumlah sampel 30 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi pemantauan skala nyeri NRS (Numeric Rating Scale). Data tersebut yang terkumpul kemudian di tabulasi menggunakan uji Non-Parametrik Mann-Whitney test. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa terapi Murottal Al-Qur’an Surah Maryam dalam mengurangi intensitas nyeri pada saat persalinan kala 1 fase aktif yang mana dibuktikan dengan hasil analisis data dimana nilai p-value = 0,000 (<0,05). Terapi Murottal Al-Qur’an Surah Maryam bisa dijadikan salah satu alternatif yang baik yang perlu diterapkan untuk mengurangi rasa nyeri persalinan pada ibu bersalin kala 1 fase aktif.

Published
2024-06-28
How to Cite
Ashari, E., Ika, I., Sari, D., & Aryani, S. (2024). PENGARUH TERAPI MUROTTAL AL-QUR’AN SURAH MARYAM TERHADAP INTENSITAS NYERI PERSALINAN. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 11(1), 83 - 90. https://doi.org/10.36743/medikes.v11i1.747
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.