HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN GIZI DAN KEPATUHAN DIET TERHADAP KADAR KOLESTEROL DARAH PENDERITA PENYAKIT JANTUNG KORONER

  • Mumpuni Mumpuni Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Jakarta 1
  • Indah Kusumastuti Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Jakarta 1
  • Suryani Manurung Poltekkes Kemenkes Jakarta 1
Keywords: Penyakit Jantung Koroner, Kolesterol, Pengetahuan Gizi, Kepatuhan Diet

Abstract

Kejadian penyakit jantung koroner akibat kadar kolesterol yang tinggi 56%. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis hubungan tingkat pengetahuan gizi dan kepatuhan diet terhadap kadar kolesterol darah penderita penyakit jantung koroner. Metoda penelitian dengan desain cross sectional. Populasi adalah penderita penyakit jantung koroner yang rawat jalan. Sampel penelitian sebanyak 72 responden. Kriteria inklusi : pasien PJK pada poli jantung di RSUD, pasien usia produktif (17 – 65 tahun)pasien dapat berkomunikasi dengan baik, bersedia menjadi sampel penelitian, tidak ada komplikasi penyakit lain. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian ada dua yaitu kuesioner pengetahuan gizi dan kepatuhan diet, telah uji validitas dan reliabilitas. Uji statistik yang digunakan adalah frekuensi dan korelasi. Analisis statistik menggunakan kruskal wallis yaitu untuk mengetahui hubungan atau korelasi lebih dari dua kelompok (tiga katagori) yang tidak berpasangan.Hasil penelitian di dapat karakteristik berusia dewasa (9,7%), pralansia (44,4%), lansia (45,8%). Jenis kelamin terbanyak laki – laki (55,6%) dengan pendidikan SLTA (73,6%) dan pekerjaan yang tidak bekerja (73,6%). Nilai kadar kolesterol rata – rata 193 dengan nilai minimum 116. Ada hubungan yang bermakna pengetahuan gizi dengan kadar kolesterol (p < 0,05). Ada hubungan kepatuhan diet dengan kadar kolesterol (p < 0,05). Kesimpulan : hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengetahuan dan kepatuhan terhadap gizi dan diet berhubungan dengan kejadian penyakit penyakit jantung koroner. Hubungan usia pralansia dan lansia dengan pengetahuan gizi dan kepatuhan diet terhadap kadar kolesterol darah penyakit jantung koroner ada hubungan. Sehingga penelitian dapat memberikan informasi kepada masyarakat perlu pengetahuan dan sikap dalam mengatasi gangguan penyakit jantung koroner karena kolesterol.

Published
2023-11-09
How to Cite
Mumpuni, M., Kusumastuti, I., & Manurung, S. (2023). HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN GIZI DAN KEPATUHAN DIET TERHADAP KADAR KOLESTEROL DARAH PENDERITA PENYAKIT JANTUNG KORONER. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 10(2), 279 - 294. https://doi.org/10.36743/medikes.v10i2.538
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.