PENDAMPINGAN IBU HAMIL TRIMESTER III TENTANG PENGETAHUAN METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG DI TANGERANG

  • Erna Mesra Poltekkes Kemenkes Banten
Keywords: Metode Kontrasepsi Jangka Panjang, Bidan Praktek Mandiri

Abstract

Gerakan Keluaraga Berencana  Nasional bertujuan untuk mewujudkan norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera (NKKBS) yang menjadi dasar bagi terwujudnya masyarakat yang sejahtera melalui pengendalian kelahiran dan pertumbuhan penduduk Indonesia. Salah satu cara dengan pengendalian kelahiran dapat melalui kontrasepsi. Di Indonesia penggunaan suntik KB terbanyak 47,94% disusul pil KB, ketiga spiral atau IUD (Intra Uterine Device) implan, Kondom, terakhir adalah Metode Operasi Wanita dan Metode  Operasi Pria.  Program KB mempunyai kontribusi penting dalam upaya meningkatkan kualitas penduduk, diharapkan pada akseptor akan memilih kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Program ini memerlukan tenaga kesehatan yang kompeten dan mampu bekerja secara maksimal dalam proses mensukseskan keluarga kecil bahagia sejahtera. Jenis penelitian  Quasi Eksperimen dengan rancangan Statistik Group Comparison pre dan post-test. Hasil Ada Perbedaan signifikan pengetahuan MKJP  sebelum  dan sesudah pendampingan pada kelompok intervensi didapatkan mean 8.58 dan t test 17.012 dan p value 0.000. Perbedaan pengetahuan pre dan post pada kelompok intervensi secara signifikan sebelum  dan sesudah pendampingan  mean 18.69 dan t test 48.187, p value 0,000  ada perbedaan signifikan pengetahuan  pada kelompok intervensi kesimpulan  ada perubahan  pengetahuan   antara kelompok perlakuan yang sudah menerima buku saku tentang MKJP dengan kelompok kontrol yang tidak  menerima buku saku dan pendampingan pendidikan kesehatan tentang MKJP.

References

Affandi,B et al. 2011. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi Edisi 3 Jakarta PT Bina Pustaka Sarwono Prawirahardjo
Kementerian Kesehatan RI,2015 Profil Kesehatan Indonesia 2014 M S Yudiyanto, SKM et al , Jakarta Kementerian Kesehatan
Menteri Kesehatan RI 2014 Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia no 87 Tahun 2014 Indonesia
Ari, Sulistyawati, 2011. Pelayanan Keluarga Berencana, Jakarta: Salemba Medika.
Aspuah, Siti, 2010. Panduan Kontrasepsi, Jakarta: Nuha Medika.
Manuaba, I.B.G, 2008. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan Keluarga Berencana. EGC. Jakarta.
Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Notoatmodjo. Soekidjo. 2010. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta.
Noviawati, Dyah. 2011. Panduan Lengkap Pelayanan KB Terkini. Jogjakarta : Nuha Offset.
Penelitian Widyawati, faktor-faktor yang berhubungan dengan penggunaan AKDR di Puskesmas Batuah Kutai Kartanegara. 2012.
Penelitian Rahmi Fitri, Hubungan faktor prediposi, faktor pemungkin, faktor penguat dengan pemilihan kontrasepsi IUD di wilayah kerja Puskesmas Pagaran Tapah Darussalam. 2012
Profil Kesehatan DKI Jakarta. 2012.
Proverawati, Atikah. Et al. 2010. Panduan Memilih Kontrasepsi. Yogyakarta: Nuha Medika.
Saifuddin, AB. 2006. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta
Saifuddin, Abdul Bari. 2010. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta : PT Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.
Sulistyawati, A,2012. Asuhan Kebidanan Pada Masa Kehamilan , Jakarta Salemba Medika
Published
2018-04-30
How to Cite
Mesra, E. (2018). PENDAMPINGAN IBU HAMIL TRIMESTER III TENTANG PENGETAHUAN METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG DI TANGERANG. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 5(1), 90-95. https://doi.org/10.36743/medikes.v5i1.50
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.