PENGARUH PENGGUNAAN PAKET MANTAP ASI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN MOTIVASI IBU UNTUK MENYUSUI DALAM UPAYA KEBERHASILAN ASI EKSKLUSIF

  • Lisa Rahmawati Poltekkes Kemenkes Padang
  • Mahdalena Prihatin Ningsih Poltekkes Kemenkes Padang
Keywords: Promosi Kesehatan, ASI Eksklusif, motivasi, Pengetahuan

Abstract

Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan pertama dan pilihan terbaik bagi bayi pada awal kehidupannya. Berbagai upaya telah dilakukan untuk peningkatan pencapaian pemberian ASI eksklusif. Promosi mengenai menyusui juga semakin meningkat dilakukan, diiringi dengan mulai menjamurnya organisasi atau perkumpulan tentang menyusui. Namun hal ini tidak serta merta meningkatkan cakupan informasi menyusui pada masyarakat. Pencapaian pemberian ASI eksklusif juga masih belum mencapai target yang ditetapkan yaitu 80%. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh penggunaan paket MANTAP ASI terhadap peningkatan pengetahuan dan motivasi ibu untuk menyusui dalam upaya keberhasilan ASI eksklusif di Klinik Bidan Bersama Kurao Kota Padang.

Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan rancangan one group prestest dan posttest design. Pengumpulan data telah dilaksanakan pada tanggal 01-31 Oktober tahun 2020 di Klinik Bidan Bersama Kurao Kota Padang. Sampel diambil sebanyak 20 orang dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis univariat dan bivariat.

Hasil penelitian didapatkan bahwa nilai rata-rata pengetahuan dan motivasi ibu mengalami peningkatan setelah dilakukan pemberian paket MANTAP ASI. Rata-rata pengetahuan dan motivasi ibu sebelum diberikan paket MANTAP ASI adalah 12,60 dan 92,80. Setelah dilakukan pemberian paket MANTAP ASI, nilai rata-rata pengetahuan dan motivasi ibu meningkat jadi 16,05 dan 98,05. Terdapat pengaruh promosi kesehatan menggunakan paket Mantap ASI terhadap pengetahuan dan motivasi ibu untuk menyusui dalam upaya keberhasilan ASI eksklusif. Diharapkan hasil penelitian ini dapat diterapkan di Klinik Bidan Bersama Kurao Kota Padang dalam upaya peningkatan pencapaian keberhasilan ASI eksklusif. Sebagai bagian dari usaha yang berkelanjutan, penelitian ini kedepannya diharapkan dapat dilakukan pada jumlah responden yang lebih banyak dan metode yang lebih intensif.

Published
2021-05-31
How to Cite
Rahmawati, L., & Ningsih, M. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN PAKET MANTAP ASI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN MOTIVASI IBU UNTUK MENYUSUI DALAM UPAYA KEBERHASILAN ASI EKSKLUSIF. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 8(1), 79-90. https://doi.org/10.36743/medikes.v8i1.267
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.