PENGARUH PENYULUHAN PROGRAM ISI PIRINGKU TERHADAP PENINGKATAN SIKAP DAN PERILAKU IBU DALAM MANANGANI BALITA GIZI BURUK

  • Nora Rahmanindar Politeknik Harapan Bersama
  • Riska Arsita Harnawati Politeknik Harapan Bersama Tegal
Keywords: isi piringku, sikap dan perilaku

Abstract

Derajat kesehatan masyarakat dapat dilihat dari berbagai faktor yang meliputi indikator umur harapan hidup, angka kematian, angka kesakitan dan status gizi masyarakat. Salah satu cara untuk meningkatkan derajat kesehatan yaitu dengan memperbaiki status gizi masyarakat terlebih pada balita. Balita termasuk kelompok paling rentan terhadap masalah gizi jika ditinjau dari sudut masalah kesehatan dan gizi, sedangkan pada masa ini mereka mengalami siklus pertumbuhan dan perkembangan yang relatif pesat. Istilah ''Isi Piringku'' dengan gizi seimbang perlu diperkenalkan dan dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam satu porsi makan, setengah piring diisi oleh sayur dan buah, setengahnya lagi diisi dengan sumber protein (baik nabati maupun hewani) dengan proporsi lebih banyak daripada karbohidrat.

Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui Pengaruh Penyuluhan Program Isi Piringku Terhadap Peningkatan Sikap Dan Perilaku Dalam Menangani Balita Gizi Buruk DI Puskesmas Margadana.  Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasy eksperimen dengan rancangan one grup pretest-post test, dan menggunakan teknik acidental sampling, penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni-Juli 2020, sampel yang digunakan dalam penelitian ini 35 ibu yang mempunyai balita. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Instrumen yang  digunakan  pada  penelitian  ini  adalah  kuesioner  untuk  pengukuran  sikap  dan perilaku ibu dalam menangani gizi buruk.

Hasil penelitian ini Analisis dengan uji Wilcoxon diperoleh P Value 0,002 < α 0,05 maka HO ditolak dan H1 diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penyuluhan program isi piringku terhadap peningkatan sikap ibu dalam menangani balita gizi buruk pada responden sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan program isi piringku. Analisis dengan uji Wilcoxon diperoleh P Value 0,000 < α 0,05 maka HO ditolak dan H1 diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penyuluhan program isi piringku terhadap peningkatan perilaku ibu dalam menangani balita gizi buruk pada responden sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan program isi piringku.

            Kesimpulan pada penelitian ini adalah adanya pengaruh penyuluhan program isi piringku terhadap peningkatan sikap dan perilaku ibu dalam menangani balita gizi buruk pada responden sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan program isi piringku. melakukan evaluasi terhadap program yang dilakukan dan lebih memperhatikan metode pendidikan dan media yang digunakan agar informasi yang akan disampaikan dapat diterima dengan mudah sehingga dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, bahkan mengubah perilaku masyarakat.

References

Arisman. 2009. Buku Ajar Ilmu Gizi: Gizi dalam Daur Kehidupan. Jakarta: EGC.

BAPPENAS. 2011. Rencana Aksi Nasional Pangan Dan Gizi 2011-2015. Jakarta

Pedoman Pelayanan Anak Gizi Buruk. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2011

Supariasa, dkk. Penilaian Status Gizi. Jakarta: Penerbit Kedokteran: ECG, 2002

Reni Nur Fatimah, 2014. Pengaruh Penyuluhan gizi teehadap pengetahuan dan sikap ibu dalam pemberian menu seimbang pada balita di Dusun Tegal rejo, Pleret, Bantul, Yogyakarta. Program Studi Bidan Pendidik Jenjang DIV. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Aisyah Yogyakarta. Naskah Publikasi.

Furi Kamalia Fitriani,2015. Pengaruh penyuluhan media lembar balik gizi terhadap peningkatan pengetahuan ibu balita gizi kurang di Puskesmas Pamulang, Tanggerang Selatan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayahtullah. Skripsi

Tyas Dwipuspitasari Hati. 2017.Pengaruh Penyuluhan Dengan Media Booklet Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Anak Balita Tentang Keluarga Sadar Gizi Di Desa Grogol, Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo. Skripsi.

Norfai, Abdullah. 2019. Program Kemitraan Edukasi Tentang slogan”isi piringku’ dalam aspek peningkatan konsumsi buah dan sayuran pada siswa SDN Mawar 8 Kota Banjarmasin. Jurnal Al-Khidmah 2 (2019) 22-29. Universitas Muhammadiyah Pontianak

Saragih, Freddy Suyanto. 2010. Pengaruh Penyuluhan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Tentang Makanan Sehat Dan Gizi Seimbang Di Desa Merek Raya Kecamatan Raya Kabupaten Simalungun Tahun 2010. Skripsi Fakultas Kesehatan Msyarakat Universitas Sumatera Utara: Medan.

Pratama, A. R. (2012). Pengaruh tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, pengetahuan ibu, sikap ibu, dan perilaku ibu terhadap status gizi balita di kecamatan kesamben kabupaten jombang. (Skripsi Tidak Dipublikasi). Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.

Ai Kustiani, Artha Prima Misa (2018). Perubahan Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Ibu Dalam Pemberian Mp-Asi Anak Usia 6-24 Bulan Pada Intervensi Penyuluhan Gizi Di Lubuk Buaya Kota Padang. Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis’s Health Journal) Volume 5 Nomor 1 Tahun 2018. Submission: 14-03-2018, Reviewed: 27-03-2018, Accepted: 17-05-2018.

Nora Rahmanindar, Nilatul Izah, Juhrotun Nisa (2019). Prosiding Seminar Nasional INAHCO 2019. Evaluasi Program Posyandu TFC (Theurapetic Feeding Center) sebagai Upaya Penanganan Balita Gizi Buruk di Puskesmas Bumijawa Kabupaten Tegal. Doi https://publikasi.polije.ac.id/index.php/inahco/article/view/1767/1109

Nilatul Izah, Evi Zulfiana, Nora Rahmanindar (2020). Analisis Sebaran Dan Determinan Stuntingpada Balita Berdasarkan Pola Asuh (Status Imunisasi Dan Pemberian Asi Eksklusif) Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan Vol.11no.1(2020)27-32. Doi https://ejr.stikesmuhkudus.ac.id/index.php/jikk/article/view/764/468

Byrd-Bredbenner, C., Abbot, J. M., & Cussler, E. (2008). Mothers of young children cluster into 4 groups based on psychographic food decision influencers. Nutr Res, 28, 506-516.

Notoatmodjo, S. (2007). Promosi kesehatan dan ilmu perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Mardiana. 2005. Hubungan Perilaku Gizi Ibu Dengan Status Gizi Balita di Puskesmas Tanjung Beringin Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat. Skripsi FKM USU. Medan

Kholid, A. (2014). Promosi Kesehatan Dengan Pendekatan Teori Perilaku, Media, Dan Aplikasinya Untuk Mahasiswa Dan Praktisi Kesehatan. Jakarta: Rajawaki Pers.

Published
2020-11-30
Section
Articles