MINAT KELUARGA DALAM MELAKSANAKAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) RUMAH TANGGA KOTA KEDIRI

  • NINING - ISTIGHOSAH Akademi Kebidanan Dharma Husada Kediri
Keywords: Minat, Keluarga, PHBS Rumah Tangga

Abstract

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Rumah Tangga adalah upaya untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar memahami dan mampu melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat. Menurut pusat promosi kesehatan,tujuan utama dari tatanan PHBS di tingkat rumah tangga adalah tercapainya rumah tangga yang sehat.

 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat keluarga dalam melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) rumah tangga. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian deskriptif. Populasinya adalah semua keluarga di RT.28/RW.06 Kelurahan Semampir Kecamatan Kota Kota Kediri yang berjumlah 50 KK dan menggunakan teknik Total Sampling yakni semua keluarga  yang ada di RT.28/RW.06 Kelurahan Semampir Kecamatan Kota Kota Kediri yang juga berjumlah 50 Responden. Pada penelitian ini hanya terdapat 1 variabel yaitu minat keluarga dalam melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) rumah tangga. Dalam penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Data yang terkumpul diolah (editing, coding, scoring dan tabulating) dan diinterpretasikan dengan skala kualitatif berdasarkan penilaian minat.

Minat keluarga dalam melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) rumah tangga 52% berminat tinggi dan 48% berminat sedang. Dengan demikian diperlukan KIE (Komunikasi, Informasi, Edukasi) secara tepat oleh tenaga kesehatan mengeai perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) rumah tangga sehingga semua anggota keluarga tahu, mau dan mampu menjalankan perilaku kehidupan yang bersih dan sehat serta memiliki peran yang aktif pada gerakan di tingkat masyarakat.

Published
2020-11-30
How to Cite
ISTIGHOSAH, N. (2020). MINAT KELUARGA DALAM MELAKSANAKAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) RUMAH TANGGA KOTA KEDIRI. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 7(2), 247-258. https://doi.org/10.36743/medikes.v7i2.227
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.