INTERVENSI BIMBINGAN BELAJAR PADA TRYOUT INTERNA TERHADAP HASIL UJI KOMPETENSI MAHASISWA PRODI D – III KEBIDANAN JURUSAN KEBIDANAN POLTEKKES KEMENKES MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.36743/medikes.v7i2.222Keywords:
UKOM, BIDANAbstract
Uji kompetensi merupakan metode untuk mengevaluasi kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor tenaga profesi kesehatan. Tingkat kelulusan uji kompetensi suatu institusi pendidikan merupakan salah satu parameter untuk menilai tingkat efisen dan efektifitas proses belajar mengajar di institusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar pada tryout interna terhadap hasil uji kompetensi mahasiswa. Desain penelitian adalah quasi eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Sampel penelitian mahasiswa Prodi D–III Kebidanan pada semester VI berjumlah 53 orang. Analisis perbedaan menggunakan Mann Whitney. Penelitian dilaksanakan pada Oktober – November 2019. Hasil penelitian menunjukkan hasil (1). Analisis mann-whitney U menunjukkan p = 0,036 < α 0,05 menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara metode pembelajaran dengan bimbingan buzz grup dengan tingkat kelulusan uji kompotensi (2). Hasil uji mann whitney diperoleh nilai U = 0,000 < α 0,05 bahwa terdapat hubungan antara belajar mandiri dengan hasil uji kompotensi. (3) IPK dengan uji kompetensi nilai mann whitney p=0,000 < α 0,005 ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara IPK dengan uji kompotensi. Kesimpulan penelitian terdapat hubungan antara pemberian bimbingan belajar buss grup, bimbingan belajar mandiri dan IPK terhadap hasil Uji Kompetensi mahasiswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.