INTERVENSI BIMBINGAN BELAJAR PADA TRYOUT INTERNA TERHADAP HASIL UJI KOMPETENSI MAHASISWA PRODI D – III KEBIDANAN JURUSAN KEBIDANAN POLTEKKES KEMENKES MATARAM
Abstract
Uji kompetensi merupakan metode untuk mengevaluasi kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor tenaga profesi kesehatan. Tingkat kelulusan uji kompetensi suatu institusi pendidikan merupakan salah satu parameter untuk menilai tingkat efisen dan efektifitas proses belajar mengajar di institusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar pada tryout interna terhadap hasil uji kompetensi mahasiswa. Desain penelitian adalah quasi eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Sampel penelitian mahasiswa Prodi D–III Kebidanan pada semester VI berjumlah 53 orang. Analisis perbedaan menggunakan Mann Whitney. Penelitian dilaksanakan pada Oktober – November 2019. Hasil penelitian menunjukkan hasil (1). Analisis mann-whitney U menunjukkan p = 0,036 < α 0,05 menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara metode pembelajaran dengan bimbingan buzz grup dengan tingkat kelulusan uji kompotensi (2). Hasil uji mann whitney diperoleh nilai U = 0,000 < α 0,05 bahwa terdapat hubungan antara belajar mandiri dengan hasil uji kompotensi. (3) IPK dengan uji kompetensi nilai mann whitney p=0,000 < α 0,005 ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara IPK dengan uji kompotensi. Kesimpulan penelitian terdapat hubungan antara pemberian bimbingan belajar buss grup, bimbingan belajar mandiri dan IPK terhadap hasil Uji Kompetensi mahasiswa.
References
Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (BPPSDMK) (2016). Peran Institusi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan yang Kompeten melalui Uji Kompetensi. Pusat Standarisasi, Sertifikasi dan Pendidikan Berkelanjutan SDM Kesehatan.
Fadhli M (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, Vol. 1, No. 02. Hal 216 – 240.
Hakimzadeh, R.e.a. (2013) "The teaching learning in nursing education," GSE Journal of Education pp. 174-84.
Hidyati dkk (2019). Intervensi Penyuluhan dengan Metode Ceramah dan Buzz untuk Peningkatkan Pengetahuan dan Sikap Kader Posyandu dalam Pengendalian Rabies di Kabupaten Sukabumi. Jurnal Penyuluhan, Maret 2019 Vol. 15 No. 1. Hal 65 – 74.
Ibrahim, Nurdin (2013) Hubungan Antara Belajar Mandiri Dan Motivasi Berprestasi Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMP Terbuka, UIN Alaudin
Kemenristek DIKTI (2016). Implementasi Uji Kompetensi Nasional bidang Kesehatan sebagai Langkah Konkrit Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi Kesehatan. Retrivied 24 Maret 2017. Melalui: http://www.dikti.go.id
Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristedikti) (2018). Data Statistis Tingkat Kelulusan Uji Kompetensi Bidan.
Kurikulum Inti Pendidikan Diploma III Kebidanan, (2016). Kementrian Kesehatan RI Badan Pengembangan Dan Pemberdayaan SDM Kesehatan Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Tenaga Kesehatan.
Meltzer, D.E. 2008. The Relationship Between Mathematict Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics: A Possible “Hidden Variable” in Diagnostic Pretes Score http://ojps.ajp.org/ajp/hotml[2/7/2008].diakses pada tanggal 14 desember 2014
Notoatmodjo, S. (2016) Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta
Republik Indonesia. Undang- Undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158. Sekretariat Negara. Jakarta. 2012.
Sarwoko, (2009), Pengaruh metode buzz group terhadap pencapaian hasil ujian asuhan kebidanan I dengan metode Objektive Structure Clinical Assesment (OSCA) pada Mahasiswa Akademi Kebidanan Estu Utomo Boyolali
Suardana I.K (2012). Implementasi Model Belajar Mandiri Untuk Meningkatkan Aktivitas, Hasil, Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 45, Nomor 1, April 2012, hlm.56-65.
Wina Sanjaya,2006, meode bimbingan kelompok kecil (buzz grup).jakarta. pustaka.
Copyright (c) 2020 Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.