INTERVENSI BIMBINGAN BELAJAR PADA TRYOUT INTERNA TERHADAP HASIL UJI KOMPETENSI MAHASISWA PRODI D – III KEBIDANAN JURUSAN KEBIDANAN POLTEKKES KEMENKES MATARAM

Authors

  • Baiq Yuni Fitri Hamidiyanti Politeknik Kesehatan Kemenkes Mataram, Indonesia
  • Intan Gumilang Pratiwi Poltekkes Kemenkes Mataram

DOI:

https://doi.org/10.36743/medikes.v7i2.222

Keywords:

UKOM, BIDAN

Abstract

Uji kompetensi merupakan metode untuk mengevaluasi kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor tenaga profesi kesehatan. Tingkat kelulusan uji kompetensi suatu institusi pendidikan merupakan salah satu parameter untuk menilai tingkat efisen dan efektifitas proses belajar mengajar di institusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar pada tryout interna terhadap hasil uji kompetensi mahasiswa. Desain penelitian adalah quasi eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Sampel penelitian mahasiswa Prodi D–III Kebidanan pada semester VI berjumlah 53 orang. Analisis perbedaan menggunakan Mann Whitney. Penelitian dilaksanakan pada Oktober – November 2019. Hasil penelitian menunjukkan hasil (1). Analisis mann-whitney U menunjukkan p = 0,036 < α 0,05 menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara metode pembelajaran dengan bimbingan buzz grup dengan tingkat kelulusan uji kompotensi (2). Hasil uji mann whitney diperoleh nilai U = 0,000 < α 0,05 bahwa terdapat hubungan antara belajar mandiri dengan hasil uji kompotensi. (3) IPK dengan uji kompetensi nilai mann whitney p=0,000 < α 0,005 ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara IPK dengan uji kompotensi.  Kesimpulan penelitian terdapat hubungan antara pemberian bimbingan belajar buss grup, bimbingan belajar mandiri dan IPK  terhadap hasil Uji Kompetensi mahasiswa.

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

Hamidiyanti, B. Y. F., & Pratiwi, I. G. (2020). INTERVENSI BIMBINGAN BELAJAR PADA TRYOUT INTERNA TERHADAP HASIL UJI KOMPETENSI MAHASISWA PRODI D – III KEBIDANAN JURUSAN KEBIDANAN POLTEKKES KEMENKES MATARAM. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 7(2), 237–246. https://doi.org/10.36743/medikes.v7i2.222

Issue

Section

Articles