KARAKTERISTIK IBU BERDASARKAN PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) UNTUK MENSTIMULASI ANAK PRA SEKOLAH

  • Erien Luthfia Poltekkes Kemenkes Mataram
  • Hadi Kusuma Atmaja Poltekkes Kemenkes Mataram
Keywords: Karakteristik ibu, Alat Permainan Edukatif, Stimulasi, Anak Pra Sekolah

Abstract

Masa pra sekolah merupakan masa awal pengembangan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosial emosional, konsep diri, disiplin, kemandirian, seni, moral, dan nilai-nilai agama. Oleh karena itu, agar pertumbuhan dan perkembangan anak dapat tercapai secara optimal dibutuhkan kondisi dan stimulasi yang sesuai dengan kebutuhan anak, terutama bisa dilakukan oleh ibu. Studi pendahuluan yang dilakukan di Desa Sandik Batu Layar Lombok Barat tentang penggunaan alat permainan edukatif dengan mewawancarai 10 ibu, hasil yang di dapatkan, 7 ibu memberikan alat permainan edukatif kepada anaknya dengan memperhatikan fungsi dan manfaat alat permainan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik ibu yang menggunakan APE untuk menstimulai anak pra sekolah Tahun 2019.

Desain penelitian yaitu metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah Ibu yang memiliki anak pra sekolah. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh dengan besar sampel 45 orang. Pengumpulan data menggunakan kuisioner.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden paling banyak berada pada usia 20-35 tahun (71.1%), berpendidikan menengah (SMP/SMA/sederajat) sebanyak 64.4%, dan sebanyak 66.7% responden adalah ibu bekerja.  Pengetahuan responden pada kategori baik sebanyak 64.4%.

Kesimpulan penelitian ini adalah karakteristik responden yang menggunakan APE untuk menstimulasi anak pra sekolah adalah usia 20-35 tahun, berpendidikan menengah, bekerja, dan tingkat pengetahuannya baik. Untuk itu disarankan kepada Ibu agar terus meningkatkan pengetahuan tentang alat permainan edukatif melalui berbagai sumber informasi yang benar.

References

Ahmadi, Abu. 2001. Ilmu Pendidikan. PT. RinekaCipta: Jakarta
Brooks, J. 2011. The Process of Parenting.PustakaPelajar: Yogyakarta
Depkes RI. 1997. Asuhan Kesehatan Anak Dalam Konteks Keluarga. Balai Pustaka: Jakarta
Hidayat, A. A. 2012.Pengantar Ilmu Keperawatan Anak 1. Jakarta: Salemba Medika
Marmidan Rahardjo, K. 2012.Asuhan Neonatus, Bayi, Balita, dan Anak Prasekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Mutiah, D. 2012. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Kencana: Jakarta
Nirwana, A. 2011.Psikologi Bayi, Balita, dan Anak. Nuha Medika: Yogyakarta
Rekawati, Nursalam, dan Utami. 2013 .Asuhan Keperawatan Bayi dan Anak: Untuk Perawat dan Bidan Edisi 2.Salemba Medika: Jakarta
Riadi, Sujona dan Sukarmin.2009. Asuhan Keperawatan pada Anak. Graha Ilmu: Jakarta
Santrock, J. W. 2007. Perkembangan Anak Edisi Kesebela sJilid 2. Erlanga: Jakarta
Soetjiningsih . 2012. Tumbuh Kembang Anak. EGC: Jakarta
Suherman. 2000. Buku Saku Perkembangan Anak. EGC: Jakarta
Suyadi. 2009. Permainan Edukatif yang Mencerdaskan. Power Books: Jakarta
Wawan dan Dewi M. 2010. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Nuha Medika: Yogyakarta
Published
2020-05-31
How to Cite
Luthfia, E., & Atmaja, H. (2020). KARAKTERISTIK IBU BERDASARKAN PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) UNTUK MENSTIMULASI ANAK PRA SEKOLAH. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 7(1), 29-38. https://doi.org/10.36743/medikes.v7i1.199
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.