Cost Effectiveness Analysis (CEA) Bahan Kontrol Hemoglobin Komersial dan Buatan Sendiri

  • Ranti Dwi Astriani Jurusan Teknologi Laboratorium Medik, Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Banten, Indonesia
  • Mardyana Nizar Jurusan Teknologi Laboratorium Medik, Poltekkes Kemenkes Banten
  • Hanny Siti Nuraeni Jurusan Teknologi Laboratorium Medik, Poltekkes Kemenkes Banten
  • Nurhayati Nurhayati UDD PMI Provinsi DKI Jakarta, Jakarta, Indonesia
Keywords: Bahan Kontrol, Hemolisat, Hemoglobin, Cost Effectiveness Analysis

Abstract

Salah satu aspek pemantapan kualitas laboratorium adalah penggunaan bahan kontrol sebagai pemantauan kinerja pemeriksaan. Bahan kontrol yang biasa digunakan adalah bahan kontrol komersial. Namun, harga bahan kontrol komersial yang tinggi menjadi masalah tersendiri. Bahan kontrol buatan sendiri sebagai alternatif untuk kendali mutu pemeriksaan laboratorium untuk memangkas biaya. Cost Effectiveness Analysis (CEA) adalah alat yang tepat dalam membandingkan dua intervensi kesehatan atau lebih dalam aspek ekonomi dan kemanfaatannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan jenis bahan kontrol yang paling efektif dan kemanfaatan paling tinggi pada pemeriksaan hemoglobin dalam segi pembiayaan agar dapat menjadi salah satu landasan ilmiah keputusan manajerial laboratorium. Desain penelitian ini adalah deskriptif komparatif dengan melakukan pengumpulan  dan analisis data total biaya dan tingkat efektivitas dari masing-masing jenis bahan kontrol hemoglobin komersial dan buatan sendiri. Data yang terkumpul diolah menggunakan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan total biaya untuk penggunaan bahan control komersial adalah Rp. 27.957.000 dan Rp, 19.329.000 untuk penggunaan bahan kontrol buatan sendiri. Tingkat efektivitas yang didapatkan adalah 98,83% untuk bahan kontrol komersial dan 98,68% untuk hemolisat. Hasil akhir Nilai Average Cost-Effectivennes Ratio (ACER) penggunaan bahan kontrol komersial adalah Rp. 282.880 dan Rp. 197.840 untuk hemolisat. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan kontrol buatan sendiri lebih cost-efective dibandingan dengan bahan kontrol komersial.

Published
2023-12-09
How to Cite
1.
Astriani R, Nizar M, Nuraeni H, Nurhayati N. Cost Effectiveness Analysis (CEA) Bahan Kontrol Hemoglobin Komersial dan Buatan Sendiri. JoMLR [Internet]. 9Dec.2023 [cited 6May2024];2(1):7-1. Available from: https://jurnal.poltekkesbanten.ac.id/JoMLR/article/view/620

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.