Hubungan Kadar Trigliserida Dengan Kadar Glukosa Pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 di RS Krakatau Medika

  • Mardyana Nizar Poltekkes Kemenkes Banten
  • Rizka Amelia Jurusan Teknologi Laboratorium Medik, Poltekkes Kemenkes Banten
Keywords: Trigliserida, Glukosa, Diabetes melitus tipe 2

Abstract

Diabetes Melitus (DM) merupakan penyakit yang ditandai dengan terjadinya hiperglikemia yang terjadi karena kelainan sekresi dan kerja insulin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara kadar trigliserida dengan kadar glukosa darah pada penderita diabetes melitus tipe 2 di RS Krakatau Medika. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 32 pasien dengan kriteria inklusi tertentu akan dijadikan sebagai sampel. Metode pemeriksaan kadar trigliserida menggunakan kimia analyzer. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan kadar trigliserida pada pasien diabetes melitus tipe 2 dengan presentase 71,9% berjumlah 23 pasien. Distribusi frekuensi kadar trigliserida berdasarkan usia pada penderita diabetes melitus tipe 2 dengan presentase 56,3% pada rentang usia 50-79 tahun. Berdasarkan indeks massa tubuh didapat presentase tertinggi dengan nilai IMT >27 (obesitas) sebesar 93,8%. Berdasarkan uji statistik menunjukan adanya hubungan antara kadar trigliserida dengan kadar glukosa (p=0,001 < 0,005).

Published
2022-10-31
How to Cite
1.
Nizar M, Amelia R. Hubungan Kadar Trigliserida Dengan Kadar Glukosa Pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 di RS Krakatau Medika. JoMLR [Internet]. 31Oct.2022 [cited 25Apr.2024];1(1):7-2. Available from: https://jurnal.poltekkesbanten.ac.id/JoMLR/article/view/432

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.