PRESTASI BELAJAR MAHASISWA POLTEKKES KEMENKES BANTEN SEMESTER I YANG MASUK MELALUI JALUR PMDP TAHUN 2012 – 2014

  • Ahmad Ahmad Poltekkes Kemenkes Banten
Keywords: prestasi belajar, indeks prestasi

Abstract

Prestasi belajar merupakan salah satu indicator daya serap dan kecerdasan mahasiswa, yang dapat digunakan untuk menyusun dan menetapkan langkah-langkah kebijkan baik yang menyangkut mahasiswa, proses pendidikan maupun institusi pendidikan yang mengelola program pendidikan tersebut. Indikator yang menjadi tolok ukur prestasi belajar  mahasiswa  adalah perolehan  prestasi.. Berdasarkan pengamatan penulis, dalam dua tahun terakhir ini, masih sering terungkap mahasiswa yang mengalami permasalahan yang berkaitan dengan prestasi belajar yang dibuktikan dengan perolehan  prestasi yang masih rendah, masih adanya mahasiswa yang sering kali harus mengulang saat ujian akhir semester. Permasalahan tersebut terjadi juga pada mahasiswa yang masuk melalui jalur PMDP, padahal mahasiswa tersebut pada saat proses masuk, sudah menunjukan nilai prestasi belajar yang tinggi di sekolah asalnya.

Penelitian ini dilakukan guna memperoleh informasi factor yang berhubungan dengan  prestasi belajar mahasiswa Poltekkes Kemenkes Banten semester I yang masuk melalui jalur PMDP tahun 2012 – 2014

Penelitian ini mengunakaan desain crosesctional study, dengan jumlah sampel sebanyak 60 mahasiswa yang masuk melalui jalur PMDP tahun 2012 – 2014. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari bagian kemahasiswaan Poltekkes Kemenkes Banten bagian adak masing-masing jurusan.

Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar mahasiswa semester I yang masuk melalui jalur PMDP memiliki  prestasi belajar yang baik (70%), sementara sebagian kecil lainnya memperoleh  prestasi belajar kurang baik (30%) Sebagian besar mahasiswa semester I yang masuk melalui jalur PMDP  berasal dari sekolah negeri (76,7 %) , Hampir seluruhnya  mahasiswa semester I yang masuk melalui jalur PMDP berasal dari jenis sekolah SMA (93,4%) Sebagian besar mahasiswa semester I yang masuk melalui jalur PMDP  berjenis kelamin perempuan (85%)

Tidak ada hubungan antara asal sekolah, jenis sekolah dan jenis kelamin dengan perolehan  prestasi belajar mahasiswa semester satu.

Perlunya melakukan telaahan lebih lanjut pada mahasiswa yang memperoleh IP semester I dibawah 3,00 terhadap perolehan nilai pada waktu belajar di SMA serta lembaga sekolah SMA asal mahasiswa tersebut

References

Bhisma Murti, Prinsip dan metode riset epidemiologi, Gajahmada University Press, Jogjakarta, 2005
Departemen Kesehatan RI – WHO, Pencegahan dan penanggulangan penyakit demam berdarah dengue, Jakarta 2003
Departemen kesehatan RI, Pedoman Umum kegiatan surveilans, Jakarta 2000
___________________, Modul Surveilans, Jakarta 2004
James Chin, Manual pemberantasan penyakit menular,Infomedika, Jakarta, 2009
Kementerian Kesehatan RI, Modul Pelatihan Penanggulangan Penyakit Demam Berdarah Dengue, Jakarta, 2011
Published
2016-04-30
How to Cite
Ahmad, A. (2016). PRESTASI BELAJAR MAHASISWA POLTEKKES KEMENKES BANTEN SEMESTER I YANG MASUK MELALUI JALUR PMDP TAHUN 2012 – 2014. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 3(1), 41-55. https://doi.org/10.36743/medikes.v3i1.151
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.