Kondisi Psikologis Ibu Dalam Mendampingi Anak Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.36743/medikes.v8i1.261Keywords:
mother's psychological condition, accompanying children to learn, Covid-19Abstract
Abstrak
Pembelajaran secara daring pada masa Covid-19 dapat berdampak buruk terhadap kondisi psikologis anak jika tidak disikapi dengan positif. Terganggunya kondisi psikologis akan bermuara pada ibu dan mengakibatkan permasalahan tidak sederhana bagi ibu, bahkan dapat mempengaruhi kondisi psikologis ibu. Hingga saat ini pembahasan mengenai kondisi psikologis ibu pada masa Covid-19 dalam mendampingi anak dalam pembelajaran online masih belum banyak dieksplorasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kondisi psikolgis ibu sebagai garis terdepan dalam perawatan anak selama mendampingi anak ketika belajar secara online di masa Covid-19. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan fenomenologi dengan melibatkan tujuh partisipan ibu yang memiliki anak yang duduk di sekolah dasar yang masih memerlukan pendampingan. Proses wawancara mendalam melalui video call dilakukan untuk menggali pengalaman ibu selama mendampingi anak dalam pembelajaran daring disertai observasi ekspresi wajah saat wawancara berlangsung. Wawancara mendalam dilakukan sebanyak 3-4 kali hingga tercapai saturasi informasi dan selanjutnya dituangkan dalam bentuk transkrip, koding, kategori dan tema. Metoda Colaizzi digunakan dalam menganalisis transkrip hasil wawancara. Penelitian menghasilkan 5 tema utama yaitu: kesedihan menghadapi perubahan perilaku anak, pesimisme terhadap hasil belajar anak, emosi kemarahan yang tidak tertahan, penyesalan atas pemberian hukuman dan ikhlas menerima takdir. Disarankan agar penyediaan hotline service penanganan kasus psikologis lebih gencar disebarluaskan dan penyebarluasan informasi berkaitan dengan mekanisme koping adaptifnya bagi anak dan ibu, sehingga dapat menyikapi perubahan akibat dampak Covid-19 dengan konstruktif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.