Kadar D-Dimer Sebagai Indikator Derajat Keparahan Pada Pasien Terkonfirmasi Covid-19 di RS. Permata Hati Tangerang

  • Hadits Lissentiya Armal Poltekkes Kemenkes Banten
  • Sukma Bakti Jurusan Teknologi Laboratorium Medis Poltekkes Kemenkes Banten
  • Istiana Annisa Jurusan Teknologi Laboratorium Medis Poltekkes Kemenkes Banten
Keywords: Kadar D-Dimer, Derajat Keparahan, Covid-19

Abstract

Terdapat beberapa pemeriksaan yang dapat dilakukan untuk mendiagnosa derajat keparahan infeksi COVID 19 diantaranya menggunakan pemeriksaan AGD, PT, APTT, D-dimer, NLR, ataupun Thorax Pa. Pemeriksaan D-dimer menjadi salah satu pemeriksaan yang sangat beperan penting dalam menentukan  derajat keparahan pasien isolasi/ pasien yang infeksi COVID 19. D-dimer secara efektif memprediksi kematian di rumah sakit pada pasien COVID-19, yang mengindikasikan D-dimer dapat menjadi penanda awal dan bermanfaat untuk meningkatkan manajemen pasien COVID-19 Tujuan: penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kadar d-dimer dan klasifikasi derajat keparahan pada pasien terkonfirmasi COVID-19 di RS. Permata Hati Tangerang. Metode: Jenis penelitian dengan pendekatan cross-sectional, populasi berjumlah 713 pasien, sampel berjumlah 256 responden, analisis dengan menggunakan uji chi-square. Hasil: Menunjukkan adanya hubungan antara kadar d-dimer dengan klasifikasi derajat keparahan pada pasien terkonfirmasi covid-19 di RS Permata Hati Tangerangkarena nilai p-value 0,000< (α= 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, jadi ada hubungan antara kadar d-dimer dengan klasifikasi derajat keparahan pada pasien terkonfirmasi covid-19 di RS Permata Hati Tangerang.

Published
2024-06-21
How to Cite
1.
Armal H, Bakti S, Annisa I. Kadar D-Dimer Sebagai Indikator Derajat Keparahan Pada Pasien Terkonfirmasi Covid-19 di RS. Permata Hati Tangerang. JoMLR [Internet]. 21Jun.2024 [cited 3Jul.2024];2(2):18-3. Available from: https://jurnal.poltekkesbanten.ac.id/JoMLR/article/view/732

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.