Pengaruh Senam Maryam Terhadap Lama Kala I Pada Ibu Bersalin Primigravida Di Klinik Mutiara Medika Rangkasbitung Kabupaten Lebak

  • Tutik Iswanti Jurusan Kebidanan, Poltekkes Kemenkes Banten, Serang , Indonesia
  • Nintinjri Husnida Jurusan Kebidanan, Poltekkes Kemenkes Banten, Serang , Indonesia
Keywords: Long time I, Maryam gymnastics, maternity, primigravida

Abstract

Proses persalinan dipengaruhi oleh beberapa faktor yang disebut 5P, yaitu power, passage, passenger, penolong, dan psikis. Lama persalinan dapat disebabkan oleh banyak faktor, namun yang prinsip adalah kontraksi tidak adekuat, faktor janin (malpresentasi, malposisi, dan janin besar) dan faktor jalan lahir. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh senam maryam terhadap lama kala I ibu bersalin primigravida. Metode yang digunakan Quasy Experiment dengan postest, jumlah sampel 33 responden, teknik pengambilan sampel yang memenuhi kriteria inklusi. Metode intervensi yang akan dilakukan adalah ibu hamil Trimester III dengan umur kehamilan 28-33 minggu akan diintervensi dengan senam maryam seminggu tiga kali selama empat minggu. Setelah intervensi selama empat minggu akan dilihat lama kala I pada saat persalinan. Kemudian data diolah dengan Uji Independen Test dan didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh antara senam Maryam dengan lama kala I dengan p value 0,04. Hal ini dapat membuktikan bahwa senam Maryam dapat mempercepat lama kala I pada Ibu bersalin Primigravida.

Published
2024-05-15
How to Cite
Iswanti, T. and Husnida, N. (2024) “Pengaruh Senam Maryam Terhadap Lama Kala I Pada Ibu Bersalin Primigravida Di Klinik Mutiara Medika Rangkasbitung Kabupaten Lebak”, Journal of Midwifery and Health Research, 2(02), pp. 59-63. doi: 10.36743/jmhr.v2i02.700.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.