PERAN KONSELOR SEBAYA TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN PERILAKU TANGGAP DARURAT BENCANA

  • Yayah Rokayah Poltekkes Kemenkes Banten
  • Kadar Kuswandi Poltekkes Kemenkes Banten
  • Ismiyati Ismiyati Poltekkes Kemenkes Banten https://orcid.org/0000-0003-4444-3180
  • Siti Rusyanti Poltekkes Kemenkes Banten
Keywords: Konselor Sebaya, Darurat Bencana

Abstract

Bencana merupakan suatu peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat,sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis. Teman sebaya adalah teman yang sejajar atau memiliki tingkat usia dan kematangan yang sama, mempunyai kesamaan dalam minat, nilai-nilai, pendapat, dan sifat-sifat kepribadian.Tahun 2018 terjadi bencana sunami di kabupaten pandeglang dan serang, dampaknya menimbulkan banyak korban jiwa sebanyak 438 orang meninggal, 584 orang luka luka, sebagian korban adalah anak-anak. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh informasi teman sebaya terhadap peningkatan pengetahuan dan prilaku penanggulangan bencana pada anak remaja SMP.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperiment, jumlah sampel yang  sebanyak 70 orang (35 orang untuk kelompok intervensi,  dan 35 orang kelompok control). Analisis data dengan menggunakan uji Wiloxom dan Mann Whitney.

Hasil uji Univariat terjadi peningkatan nilai rerata pengetahuan sebelum dan sesudah perlakuan pada kedua kelompok dengan selisih rata-rat lebih tinggi pada kelopok kontrol yaitu  dari 3,60 menjadi 7,86. dan kesalahan perilaku menyelamatkan diri saat terjadi bencana memiliki proporsi yang hampir sama, yaitu 62.9% dan 57.1%, dan perubahan perilaku penyelamatan diri lebih banyak (85.7%) terjadi pada kelompok kontrol dengan nilai p=0.009 (p<α), dengan OR sebesar 0.198.

Perbedaan rerata nilai pengetahuan sebelum dan setelah perlakuan adalah signifikan pada masing-masing kelompok, dengan rerata selisih (delta) nilai pengetahuan lebih tinggi terjadi pada kelompok kontrol. Perubahan perilaku penyelamatan diri lebih banyak terjadi pada kelompok kontrol bila dibandingkan dengan kelompok intervensi dan terdapat pengaruh atau hubungan antara perilaku yang diberikan pada kelompok dengan perubahan perilaku penyelamatan diri saat terjadi bencana.

Published
2021-05-31
How to Cite
Rokayah, Y., Kuswandi, K., Ismiyati, I., & Rusyanti, S. (2021). PERAN KONSELOR SEBAYA TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN PERILAKU TANGGAP DARURAT BENCANA. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 8(1), 145-156. https://doi.org/10.36743/medikes.v8i1.276
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.