PENGARUH PENGETAHUAN DAN MASA BEKERJA BIDAN TERHADAP PELAKSANAAN UNIVERSAL PRECAUTION PADA PERTOLONGAN PERSALINAN DI WILAYAH KOTA TANGERANG SELATAN

  • Tutik Iswanti Poltekkes Kemenkes Banten
  • R. Detty Siti Nurdiati Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada
  • Herlin Fitriana K Universitas Aisyiyah Yogyakarta
Keywords: Pengetahuan Universal precaution, Masa Bekerja Bidan, Persalinan

Abstract

Universal precaution merupakan bagian dari keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang sangat diperlukan dalam aktivitas pelayanan kesehatan dan secara signifikan mengurangi jumlah insiden kerja karena paparan darah. Dikota Tangerang selatan pada tahun 2015 terdapat 15 kasus kematian ibu, penyebab infeksi intrapartum (6,7%) dan kematian bayi sebanyak 37 kasus, penyebab dari infeksi sebesar 13,5% dan 10,8% karena HIV/AIDS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan masa bekerja terhadap pelaksanaan universal precaution pada pertolongan persalinan oleh bidan. Pada penelitian ini terdapat variabel independent yaitu pengetahuan dan masa bekerja dan variabel dependent yaitu pelaksanaan universal precaution pada pertolongan persalinan. Desain penelitian yang digunakan adalah Cross Sectional, berupa pengisian kuesioner dengan sampel 88 bidan. Uji statistik yang digunakan adalah Uji Fisher. Hasil penelitian yang didapat adalah bidan yang mempunyai pengetahuan baik sebanyak 89,9%, masa bekerja lama sebanyak 89,8% dan melaksanakan universal precaution pada pertolongan persalinan dengan baik sebanyak 84,1%. Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan terhadap pelaksanaan universal precaution dengan pvalue 0,033 dan terdapat hubungan yang bermakna antara masa bekerja terhadap pelaksanaan universal precaution dengan pvalue 0,004.

References

Agu, P.U. Ogboy, S.J. Ezugwu, E.C. Okeke, T.C. Aniebue, P.N. (2015). The Knowledge, Attitude, And Practice Of Universal Precaution Among Rural Primary Health Care Workers In Enugu Southeast Nigeria. World Journal of pharmacy and pharmaceutical sciences Vol. 4 Issue 09, 109-125.
Ariyani, N.W. Suindr, N.N. Sri, E.N.L.P. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerapan Kewaspadaan Universal Bidan Praktik Swasta (BPS) Di Wilayah Kota Denpasar. Jurnal skala husada volume 8 nomor 2 september 2011: 132-137.
Depkes RI. (2010). Pedoman Pelaksanaan Kewaspadaan Universal Di Pelayanan Kebidanan. Jakarta: Depkes RI.
Dinas Kesehatan provinsi Banten. (2013). Profil Kesehatan Provinsi Banten Tahun 2012. Banten

Dinas Kesehatan kota Tangerang Selatan. (2016). Profil Kesehatan Kota Tangerang Selatan Tahun 2015. Tangerang Selatan.
Donkor, E.S. Affram, C.K. Yekple, C.K. (2014). Perceived Risk Of HIV Infection Among Midwives Working In The Labour Wards. Sci-Afric journal of scientific issues, research and essays vol. 2(4), PP 141-146.
Eka, Y. (2012). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Penerapan Kewaspadaan Universal Pada Pertolongan Persalinan Oleh Bidan Di Puskesmas Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Badung Bali Tahun 2012. Skripsi. Universitas Indonesia.
Fayaz, S.H. Michiyo, H. Tomoyo, H. Sharker, M.A.B. Zakhro, D. Nobuyuki, H. (2014). Knowledge And Practice Of Universal Precautions Among Health Care Workers In Four National Hospitals In Kabul, Afganistan. J Infect Dev Ctries 4(8): 535-542.
Fitria, W. (2012). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Bidan Dalam Pencegahan Infeksi Saat Melakukan Pertolongan Persalinan Di Kabupaten Lampung Timur Tahun 2012. Skripsi. Universitas Indonesia.
Green, LW., Kreuter, M.W., Deeds, S,G., & Partridge, K.B. (1980). Health Education Planning A Diagnostic Approach. Califarnia: Mayfield Publishing Compeni.
JNPK-KR. (2012). Asuhan Persalinan Normal Asuhan Esensial Bagi Ibu Bersalin Dan Bayi Baru Lahir Serta Penatalaksanaan Komplikasi Segera Pasca Persalinan Dan Nifas. Jakarta: JNPK-KR.
Kemenkes RI. (2014). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2013. Jakarta: Kemenkes RI
K Vaz, D McGrowder, R Alexander, L Gordon, P Brown, R Irving. (2011). Knowledge, Awareness And Compliance With Universal Precautions Among Health Care Workers At The University Hospital Of The West Indies, Jamaica. Theijoem Vol. 1 Number 4.
Notoatmodjo. (2014). Ilmu Peilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia.( 2012). Rigkasan Hasil. Jakarta
Sutanto. (2010). Analisis Data Kesehatan. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Indonesia.
Published
2018-04-30
How to Cite
Iswanti, T., Nurdiati, R. D., & Fitriana K, H. (2018). PENGARUH PENGETAHUAN DAN MASA BEKERJA BIDAN TERHADAP PELAKSANAAN UNIVERSAL PRECAUTION PADA PERTOLONGAN PERSALINAN DI WILAYAH KOTA TANGERANG SELATAN. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 5(1), 21-29. https://doi.org/10.36743/medikes.v5i1.19
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.