EFEKTIVITAS JUS KACANG KEDELAI TERHADAP PRODUKSI ASI IBU MENYUSUI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MALAIMSIMSA KOTA SORONG

  • Vera Iriani Abdullah
  • Vini Yuliani Poltekkes Kemenkes Jakarta 1
  • Medelin Liana Makatita Poltekkes Kemenkes Sorong
Keywords: Jus kacang kedelai, Produksi ASI, Ibu menyusui

Abstract

Masalah dalam pemberian ASI salah satunya adalah produksi ASI yang sedikit atau tidak lancar, cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan laju sekresi dan produksi ASI yaitu jus kacang kedelai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan produksi ASI pada ibu yang diberikan jus kacang kedelai. Jenis penelitian ini adalah Quasy Eksperiment dengan rancangan One Group Pretest Posttest Design sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 15 responden. Intervensi yang dilakukan adalah memberikan jus kacang kedelai sebanyak 250 ml selama 7 hari pada waktu pagi dan sore. Uji analisis menggunakan Uji Paired T-Test dua kelompok berpasangan. Hasil didapatkan nilai p-Value 0,000 (p<0,05) dengan nilai rata-rata sebelum diberikan jus kacang kedelai 6,86 dan sesudah diberikan jus kacang kedelai 11,66. Kesimpulannya, pemberian jus kacang kedelai efektif dalam meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.

Published
2023-11-07
How to Cite
Abdullah, V., Yuliani, V., & Makatita, M. (2023). EFEKTIVITAS JUS KACANG KEDELAI TERHADAP PRODUKSI ASI IBU MENYUSUI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MALAIMSIMSA KOTA SORONG. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 10(2), 191 - 202. https://doi.org/10.36743/medikes.v10i2.520
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.