Analisis Nilai Cycle Threshold (CT) pada Pasien COVID-19 dengan Komorbiditas dan Tanpa Komorbiditas

  • Wulan Fitriani Safari Universitas Binawan
Keywords: COVID-19, Comorbidity, Cycle Threshold (CT), RT-PCR , SARS-CoV-2

Abstract

Pasien dengan penyakit penyerta (komorbiditas) termasuk dalam kelompok rentan terhadap morbiditas dan mortalitas terkait COVID-19. Deteksi virus dengan RT-PCR dari sampel pernapasan banyak digunakan untuk mendiagnosis dan memantau infeksi SARS-CoV-2. Namun, beberapa faktor dan variabel dapat menyebabkan tes negatif palsu sehingga nilai Cycle threshold (Ct) digunakan untuk mendiagnosis atau memprediksi infeksi SARS-CoV-2. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan nilai Ct pada pasien COVID-19 dengan komorbiditas dan tanpa komorbiditas. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Data yang diambil adalah data rekam medis RSUD Pasar Rebo, Jakarta. Data dianalisis menggunakan SPSS dengan Uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan Komodibitas tertinggi yang ditemukan adalah hipertensi, diikuti diabetes mellitus, ganguan fungsi hati dan ginjal, Hiperkoagulasi, ganguan ginjal dan koagulaton defect, anemia dan koagulopati.  Pasien COVID-19 dengan komordibitas yang memiliki nilai Ct tinggi sebanyak 10 orang (33,33%), nilai Ct sedang sebanyak 14 orang (46,67%), nilai Ct rendah sebanyak 6 orang (20%). Pasien COVID-19 tanpa komordibitas yang memiliki nilai Ct tinggi sebanyak 10 orang (33,33%), nilai Ct sedang sebanyak 18 orang (60%), nilai Ct rendah sebanyak 2 orang (6,67%).  Hasil Uji Mann Whitney menunjukkan tidak ada perbedaan nilai Ct pada pasien COVID-19 dengan komorbiditas dan tanpa komorbiditas.

Published
2023-04-30
How to Cite
1.
Safari W. Analisis Nilai Cycle Threshold (CT) pada Pasien COVID-19 dengan Komorbiditas dan Tanpa Komorbiditas. JoMLR [Internet]. 30Apr.2023 [cited 16Apr.2024];1(2):50-4. Available from: https://jurnal.poltekkesbanten.ac.id/JoMLR/article/view/484

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.