Hubungan Pengetahuan Ibu dan Dukungan Suami dengan Pemilihan Alat Kontrasepsi Implant pada PUS di Wilayah Kerja Puskesmas Matiti

  • Eva Mahayani Nasuition Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Medan, Medan, Indonesia
  • Suswati Suswati Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Medan, Medan, Indonesia
  • Nilda Yulita Siregar Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Medan, Medan, Indonesia
  • Sri Chici Angraini Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Medan, Medan, Indonesia
Keywords: Pengetahuan, Dukungan Suami, Alat Kontrasepsi Implan

Abstract

Tingginya laju penduduk di Indonesia, pemerintah melakukan suatu program yaitu Program Keluarga Berencana (KB), program ini merupakan upaya pemerintah untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk serta membentuk keluarga yang berkualitas. KB merupakan program skala nasional yang dikelola oleh badan kependudukan dan keluarga berencana nasional Pola pemilihan jenis metode kontrasepsi modern pada tahun 2021 menunjukkan bahwa sebagian besar akseptor memilih menggunakan suntik sebesar 59,9%, diikuti pil sebesar 15,8%. Pola ini terjadi setiap tahun, dimana peserta KB lebih banyak memilih metode kontrasepsi jangka pendek dibandingkan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan analitik yang bertujuan mengetahui hubungan pengetahuan ibu dan dukungan suami dalam pemilihan alat kontrasepsi implant di wilayah kerja Puskesmas Matiti Kec. Dolok Sanggul Kab. Humbang Hasundutan tahun 2023. Data penelitian dianalisis secara univariate dan bivariate melalui Chi- Square.  Dari hasil penelitian sebanyak 48 responden, tidak menggunakan alat kontrasepsi implant sebanyak 21 (46%), dan yang menggunakan alat kontrasepsi implant sebanyak 27 (54%). Ada hubungan pengetahuan ibu dengan ( p value = 0,022) dan tidak ada hubungan antara dukungan suami dengan ( p value = 0,217) dalam pemilihan alat kontrasepsi implant. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi dan sebagai masukan bagi tenaga kesehatan sehingga dapat dijadikan sebagai kerangka acuan dalam memberikan pelayanan kesehatan serta meningkatkan promosi kesehatan tentang implant dan melatih kader KB agar berperan aktif untuk meningkatkan minat ibu.

Published
2024-05-15
How to Cite
Nasuition, E., Suswati, S., Siregar, N. and Angraini, S. (2024) “Hubungan Pengetahuan Ibu dan Dukungan Suami dengan Pemilihan Alat Kontrasepsi Implant pada PUS di Wilayah Kerja Puskesmas Matiti”, Journal of Midwifery and Health Research, 2(02), pp. 64-68. doi: 10.36743/jmhr.v2i02.702.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.