Hubungan Pengetahuan Kader Tentang Pengukuran Antropometri pada Anak Usia 024 Bulan dalam Pengisian BukuKIA di Wilayah Kerja Puskesmas Tuntungan

  • Nilda Nilda Yulita Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Medan, Medan, Indonesia
  • Satyawati Sulubara Sulubara Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Medan, Medan, Indonesia
  • Satyawati Sulubara Sulubara Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Medan, Medan, Indonesia
  • Suswati Suswati Suswati Poltekkes Medan
  • Eva Mahayani Nasution Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Medan, Medan, Indonesia
  • Arihta Sembiring Arihta Sembiring Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Medan, Medan, Indonesia
Keywords: Pengetahuan, Pengukuran Antropometri, Buku

Abstract

Kader merupakan kunci utama dalam kegiatan posyandu mulai dari perencanaan, pelaksanaan termasuk pencatatan, dan pelaporan. Peran aktif kader di sini sangat menentukan kelangsungan dan perkembangan posyandu, di pihak lain jumlah kader tidak aktif, yaitu kader yang terdaftar tetapi tidak melaksanakan dan tidak terlibat dalam kegiatan posyandu semakin banyak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan kader tentang pengukuran antropometri pada anak usia 0-24 bulan dalam pengisian buku KIA.Metode yang dilakukan penelitian kuantitatif yang menggunakan jenis cross sectional. Populasi adalah seluruh kader dengan jumlah sampel 50 orang. Hasil dari penelitian ini adalah Pengetahuan kader dalam pengisian buku KIA adalah mayoritas cukup yaitu sebanyak 20 responden (40.0%). Pengukuran antropometri pada anak usia 0- 24 bulan dalam pengisian buku KIA adalah mayoritas cukup yaitu sebanyak 20 responden (40.0%). Ada hubungan pengetahuan kader tentang pengukuran antropometri pada anak usia 0- 24 bulan dalam pengisian buku KIA dengan p-value 0.02 < 0.05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan pengetahuan kader tentang pengukuran antropometri pada anak usia 0- 24 bulan dalam pengisian buku KIA. Diharapkan kader untuk meningkatkan pengetahuan tentang antropometri sehingga baik dalam pengisian buku KIA.

Published
2024-05-28
How to Cite
Yulita, N., Sulubara, S., Sulubara, S., Suswati, S., Nasution, E. and Sembiring, A. S. (2024) “Hubungan Pengetahuan Kader Tentang Pengukuran Antropometri pada Anak Usia 024 Bulan dalam Pengisian BukuKIA di Wilayah Kerja Puskesmas Tuntungan”, Journal of Midwifery and Health Research, 2(02), pp. 70-75. doi: 10.36743/jmhr.v2i02.701.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.