Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi KEK (Kekurangan Energi Kronik)Terhadap Ibu Hamil

  • Dewi Purnamasari Jurusan Kebidanan, STIKES Nusantara
  • Rahayu Khairiah Jurusan Kebidanan, STIKES Nusantara
Keywords: KEK, Status Ekonomi, Usia, Pendidikan, Jarak kehamilan, Paritas dan Kunjungan ANC

Abstract

Kekurangan Energi Kronik (KEK) adalah keadaan dimana ibu menderita kejadian kekurangan kalori dan protein (malnutrisi) yang mengakibatkan timbulnya gangguan kesehatan pada wanita usia subur (WUS) dan pada ibu hamil (bumil). Kekurangan energi kronik merupakan salah satu penyebab Angka Kematian Ibu (AKI). Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi KEK terhadap Ibu Hamil di wilayah kerja Puskesmas Tirtayasa. Metode Penelitian : Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan Cross Sectional Study sampel dalam penelitian ini berjumlah 33 orang dengan teknik total sampling. Hasil Penelitian : Hasil analisis didapatkan nilai ρ value adalah ≥ 0,05, maka artinya, tidak ada hubungan antara status ekonomi, usia, pendidikan, jarak kehamilan, paritas dan kunjungan ANC terhadap kejadian KEK di Puskesmas Tirtayasa Tahun 2023. Kesimpulan dan saran : Dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara status ekonomi, usia, Pendidikan, jarak kehamilan, paritas dan kunjungan ANC terhadap kejadian KEK di Puskesmas Tirtayasa Tahun 2023”. Bagi mahasiswi diharapkan dapat menjadikan informasi yang berguna untuk mengamplikasikan penggunaan terapi massage effleurage ini sebagai salah satu penanganan nyeri saat haid dalam kehidupan sehari-hari.

Published
2023-10-31
How to Cite
Purnamasari, D., & Khairiah, R. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi KEK (Kekurangan Energi Kronik)Terhadap Ibu Hamil. Journal of Midwifery and Health Research, 2(1), 14-20. https://doi.org/10.36743/jmhr.v2i1.547

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.