STUDI KUALITATIF TENTANG AKTIFITAS (OLAH RAGA) PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS TYPE II DI PUSKESMAS PERIUK JAYA KOTA TANGERANG

  • Wasludin Wasludin Poltekkes Kemenkes Banten
Keywords: Diabetes Militus, Olahraga

Abstract

Berdasarkan informasi dari pihak puskesmas Periuk Jaya, dari 49 orang penderita DM yang berobat ke Puskesmas Periuk Jaya, kurang dari 45%  dari penderita yang  melakukan olahraga sesuai dengan anjuran kesehatan dalam rangka membantu mengontrol kadar gula darah padahal mereka sudah mendapat penjelasan tentang aktifitas (olah raga) yang baik bagi penderita diabetes melitus. Beberapa orang dari mereka mengaku alasan tidak melakukan olah raga tersebut karena tidak memahami, kesibukan, dan beberapa alasan lain yang  belum diketahui, (Dinkes Kota Tangerang, 2014)

Penelitian ini menggunakan desain penelitian  kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui fokus group diskusi (FGD) pada populasi (informan) yaitu penderita diabates mellitus type II yang berobat ke Puskesmas Periuk Jaya Kota Tangerang sebanyak tujuh (tujuh) orang. Analisis dilakukan dengan merangkum pendapat responden tentang aktifitas (olah raga) yang tepat dan benar bagi penderita diabetes melitus type II.

Berdasarkan hasil diskusi dengan informan, terdapat 3 orang informan yang sudah melakukan olahraga berupa pus up, site up, jalan-jalan, lari-lari kecil selama 30 menit – 40 menit yang dilakukan sebanyak 4 – 5 kali dalam satu minggu dan bahwa mereka belum mengetahui cara mengukur tepat/tidaknya atau bilamana menghentikan olahraga yang mereka lakukan, mereka menghentikan olahraga apabila sudah capek/lelah, berkeringat, atau sudah mencapai 30 – 40 menit saja.

References

Depkes RI, (2010), Pedoman Penatalaksanaan Diabetes Mellitus di Puskesmas
Dinkes Kota Tangerang, (2013), Profil Kesehatan Kota Tangerang
Hasdianah, H R (2012), Mengenal Diabetes Melitus Pada Orang Dewasa Dan Anak-Anak Dengan Solusi Herbal, Yogyakarta, Nuha Medika.
Notoatmodjo, Soekidjo, (2007), Promosi Kesehatan, Rineka Cipta Jakarta
Sarwono Waspadji (2009), Penatalaksanaan Diabetes Melitus Terpadu, Jakarta: Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo – FKUI
Setiyohadi Bambang, dkk (2007), Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam, Edisi IV, Jakarta, FKUI
Smeltzer C Suzanne (2002); Keperawatan Medikal Bedah Edisi 8 Vol 2, Jakarta, penerbit buku kedokteran EGC.
www.google.com, Jumlah Penyakit Diabetes Melitus Di Indonesia Pada Tahun 2012

www.depkes.go.id (2012), Diabetes Melitus dapat dicegah
Published
2016-11-30
How to Cite
Wasludin, W. (2016). STUDI KUALITATIF TENTANG AKTIFITAS (OLAH RAGA) PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS TYPE II DI PUSKESMAS PERIUK JAYA KOTA TANGERANG. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 3(2), 114-122. https://doi.org/10.36743/medikes.v3i2.99
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.