FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI IBU DALAM PELAKSANAAN SENAM HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS CIPOCOK JAYA KOTA SERANG PROVINSI BANTEN TAHUN 2016

  • Afni Yulianti Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Banten
  • Melly Halimatussaadiah Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Banten
Keywords: Faktor-faktor motivasi, Senam Hamil

Abstract

Hasil SDKI 2012 menyebutkan angka kematian ibu (AKI) melonjak drastis 359 per 100 ribu kelahiran hidup. Padahal sebelumnya AKI dapat ditekan dari 390 per 100 Ribu kelahiran hidup (1991) menjadi 228 per 100 ribu kelahiran hidup (SDKI 2007). Angka Kematian Bayi (AKB) juga masih tinggi yaitu 32 per 1.000 kelahiran hidup. Senam hamil adalah terapi latihan gerak yang diberikan kepada ibu hamil untuk mempersiapkan dirinya, baik persiapan fisik maupun mental untuk mengahadapi dan mempersiapkan persalinan yang cepat, aman dan spontan (Huliana, 2001).Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi ibu dalam pelaksanaan senam hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Cipocok Jaya Kota Serang Provinsi Banten Tahun 2016.

Penelitian ini menggunakan metode survei analitik, dengan desain penelitian cross sectional (potong lintang), Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil Trimester II dan III di Wilayah Kerja Puskesmas Cipocok Jaya, Kota Serang. Jumlah Populasi penelitian ini adalah 115 orang Penelitian ini menggunakan teknik sampling, yaitu random sampling terhadap ibu hamil di Trimester II dan III di Wilayah Kerja Puskesmas Cipocok Jaya, Serang, Banten dan bersedia menjadi responden sebanyak 89 orang. Instrumen penelitian kuantitatif dan menggunakan data primer. Dalam penelitian ini dilakukan dengan memakai uji kai-kuadrat.

Hasil penelitian dari analisis univariat berdasarkan motivasi untuk  melakukan senam hamil (76.4 %), pengetahuan kurang terhadap senam hamil (95,5%), tidak ada media yang menginformasikan tentang senam hamil (76,4%), dukungan dari keluarga untuk melakukan senam hamil (84,3%), sebagian kecil belum memiliki fasilitas untuk melakukan senam hamil (43,8%). Hasil dari bivariate ada beberapa variabel memiliki hubungan yang bermakna antara lain yaitu media informasi dan fasilitas senam hamil dan ada variabel yang tidak terdapat hubungan yang bermakna yaitu pengetahuan dan dukungan keluarga. Secara bivariat diperoleh rata–rata P Value = kurang dari 0,05 (P<α) yang berarti terdapat hubungan yang signifikan dan sedangkan yang tidak berhubungan adalah paritas dengan hasil P Value = lebih dari 0,05 (P>α).

Pentingnya senam hamil bagi kesehatan ibu hamil maka diharapkan Puskesmas sebagai tempat pelayanan primer mampu memfasilitasi kegiatan senam hamil dan masyarakat mendukung terlaksananya kegiatan senam hamil secara rutin.

References

Agudelo. 2007. Menyiapkan kehamilan kedua. Jakarta. http://www.conectique.com
Cangara, Hafied. 2002. Pengantar Ilmu Komunikasi. PT RajaGrafindo Persada, Jakarta
Dewi, Vivian Nanny Lia & Tri Sunarsih. 2011. Asuhan Kehamilan untuk Kebidanan. Jakarta: Salemba.
Elliot, S.N., Kratochwill, T.R., Littelfield Cook, J & Travers, J. 2000. Educational psychology : Effective teaching, effective learning (3rd ed). Boston, MA: McGraw-Hill College.
Fajar, Ibnu dkk. 2009. Statistik untuk praktisi kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hidayat, AA. 2010. Metode Penelitian Kebidanan & Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.
Laporan MDG’s. 2008. Mari kita suarakan MDG’s. Bappenas. Jakarta.
Simkin, Penny. 2007. Panduan lengkap : Kehamilan, melahirkan & bayi. Jakarta: Arcan.
Mandriawati. 2008. Penuntun Belajar Asuhan Kebidanan Ibu Hamil. Jakarta: EGC.
Manuaba, I.B.G. 2010. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan & Keluarga Berencana untuk Pendidikan Bidan. Jakarta: EGC.
Mc.Quail, Dennis. 2005. Teori Komunikasi Massa. Erlangga, Jakarta
Notoatmodjo, S. (2007) Metode Penelitian Kesehatan, edisi revisi, Rineke Cipta. Jakarta.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Santoso, S. 2010. Statistik multivariat konsep dan aplikasi dengan SPSS.Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Scoff, Judith & Judy Priest. 2008. Kelas Antenatal. alih bahasa Nike Budhi Subekti. Jakarta: EGC.
Sulistiyawati, Ari. 2008. Asuhan kebidanan pada kehamilan. Jakarta: Salemba Medika.
SDKI. 2012. Survey Demografi dan Kesehatan Indonesia. Jakarta
Published
2017-04-30
How to Cite
Yulianti, A., & Halimatussaadiah, M. (2017). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI IBU DALAM PELAKSANAAN SENAM HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS CIPOCOK JAYA KOTA SERANG PROVINSI BANTEN TAHUN 2016. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 4(1), 69-78. https://doi.org/10.36743/medikes.v4i1.72
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.