PENGARUH GYMNASTIC ZIL GREI TERHADAP KEMAJUAN KALA I FASE AKTIF DAN ROBEKAN PERINEUM PADA PRIMIGRAVIDA DI KLINIK MUTIARA MEDIKA RANGKASBITUNG

  • Nintinjri Husnida Poltekkes Kemenkes Banten
  • Nani Yuningsih Poltekkes Banten
  • Melly Halimatussa'adiah Poltekkes Kemenkes Banten
Keywords: gymnastic zil grey, kala I fase aktif, robekan perineum, primigravida.

Abstract

Masalah lamanya kala I fase aktif dan robekan perineum pada primigravida dapat diantisipasi dengan memberikan pengetahuan mengenai gymnastic zil grey. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gymnastic zil grei  terhadap kemajuan kala I fase aktif dan robekan perineum pada primigravida di Klinik Mutiara Medika Rangkasbitung Tahun 2019. 

Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan quasi eksperimen. Variabel penelitian : gymnastic zil grey, lama kala I fase aktif dan robekan perineum pada primigravida. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan intervensi gymnastic zil grey terhadap primigravida. Sampel yang digunakan sebanyak 32 orang. Analisis data dengan uji mann whitney untuk melihat perbedaan rerata lama kala I ibu primigravida yang melakukan gymnastic zil grey dengan yang tidak melakukan gymnastic zil grey. Sedangkan untuk melihat pengaruh gymnastic zil grey terhadap robekan menggunakan chi-Square.

Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil yaitu terdapat pengaruh Gymnastic Zil Grei terhadap kemajuan kala I fase aktif dan robekan perineum pada primigravida. OR ; 5.571.

Diharapkan metode gymnastic zil grei ini dapat terus diterapkan dan ditingkatkan pelakasanaannya pada ibu hamil melalui pelayanan yang tersedia di klinik.

Published
2022-05-31
How to Cite
Husnida, N., Yuningsih, N., & Halimatussa’adiah, M. (2022). PENGARUH GYMNASTIC ZIL GREI TERHADAP KEMAJUAN KALA I FASE AKTIF DAN ROBEKAN PERINEUM PADA PRIMIGRAVIDA DI KLINIK MUTIARA MEDIKA RANGKASBITUNG. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 9(1), 57 - 72. https://doi.org/10.36743/medikes.v9i1.277
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.