The THE IMPACT OF THE COVID-19 PANDEMIC ON THE ONLINE LEARNING PROCESS OF STUDENTS POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA

  • Nora Rahmanindar Politeknik Harapan Bersama
Keywords: Pandemi, Covid-19, pembelajaran online

Abstract

Di Indonesia, beberapa kampus dan sekolah mulai menerapkan kebijakan kegiatan belajar mengajar dari jarak jauh atau kuliah online. Semua orang mengambil jarak demi memutus rantai penularan COVID-19. Korban akibat wabah covid-19, tidak hanya pendidikan di tingkat Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Stanawiyah, dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah, tetapi juga perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan dampak dari pandemik COVID-19 terhadap proses pembelajaran online.  Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode diskriptif. Pengabdilan sampel menggunakan accidental sampling. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2020 pada mahasiswa dan mahasiswi Politeknik Harapan Bersama Tegal dengan jumlah responden 623 mahasiswa/mahasiswi. Proses pembelajaran mahasiswa dilakukan secara daring dan luring. Mayoritas pembelajaran daring hanya dilaksanakan untuk pembelajaran teori saja sedangkan praktikum mayoritas dilakukan untuk pembelajaran praktek. Pembelajaran teori yang dilakukan daring menunjukkan kondisi psikologis mahasiswa baik (tidak stress) namun saat teori maupun praktek dilakukan secara luring mahasiswa mengalami gangguan psikologis yang secara langsung mempengaruhi penerimaan materi pembelajaran

References

1. Butler Kaler, C. (2012), "A model of successful adaptation to online learning for college‐bound Native American high school students", Multicultural Education & Technology Journal, Vol. 6 No. 2, pp. 60-76. https://doi.org/10.1108/17504971211236245
2. Zapalska, A. and Brozik, D. (2006), "Learning styles and online education", Campus-Wide Information Systems, Vol. 23 No. 5, pp. 325 335.https://doi.org/10.1108/10650740610714080).
3. Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19).
4. Pengelola Web Kemendikbud. (2020). Kemendikbud Imbau Pendidik Hadirkan Belajar Menyenangkan Bagi Daerah yang Terapkan Belajar di Rumah. Www.Kemendikbud.Go.Id. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/kemendikbud-imbau-pendidik hadirkan-belajar-menyenangkan-bagi-daerah-yang-terapkan-belajar-di-rumah
5. Zhao, F. (2003), "Enhancing the quality of online higher education through measurement", Quality Assurance in Education, Vol. 11 No. 4, pp. 214-221. https://doi.org/10.1108/09684880310501395)
6. Yurianto, Ahmad, 2020). (Yurianto, Ahmad, Bambang Wibowo, K. P. (2020). PEDOMAN PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN CORONAVIRUS DISEASE (COVID-19) (M. I. Listiana Azizah, Adistikah Aqmarina (ed.))
7. Ade Nasihudin Al Ansori. (2020). Belajar di Rumah Akibat Corona COVID-19, Ini Pendapat dan Harapan Anak Indonesia. Liputan6. https://m.liputan6.com/health/read/4224969/belajar-di-rumah-akibat-corona-covid-19-ini-pendapat-dan-harapan-anak-indonesia
8. Firman. (2020). DampakCovid-19 terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi. BIOMA. 2(1): 14-20
9. Suhandi A, Pamela I. (2020). Dampak Musim Libur Pandemi Covid-19 Belajar dari Rumah terhadap Psikologi Anak Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 5(2): 2017-218
10. Kusnayati A, Muiz M, Sumarni N, Mansyur A, Zaqiah Q. (2020). Pengaruhteknologi Pembelajaran Kuliah Online di Era Covid-19 dan Dampaknya terhadap Mental Mahasiswa. Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran. 1 (2)
Published
2021-05-31
Section
Articles