Kondisi Psikologis Ibu Dalam Mendampingi Anak Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19

  • Yunike Yunike
  • Ira Kusumawaty Politeknik Kesehatan Palembang
Keywords: mother's psychological condition, accompanying children to learn, Covid-19

Abstract

Abstrak

 

Pembelajaran secara daring pada masa Covid-19 dapat berdampak buruk terhadap kondisi psikologis anak jika tidak disikapi dengan positif. Terganggunya kondisi psikologis akan  bermuara pada ibu dan mengakibatkan permasalahan tidak sederhana bagi ibu, bahkan dapat mempengaruhi kondisi psikologis ibu. Hingga saat ini pembahasan mengenai kondisi psikologis ibu pada masa Covid-19 dalam mendampingi anak dalam pembelajaran online masih belum banyak dieksplorasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kondisi psikolgis ibu sebagai garis terdepan dalam perawatan anak selama mendampingi anak ketika belajar secara online di masa Covid-19. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan fenomenologi dengan melibatkan tujuh partisipan ibu yang memiliki anak yang duduk di sekolah  dasar yang masih memerlukan pendampingan. Proses wawancara mendalam melalui video call dilakukan untuk menggali pengalaman ibu selama mendampingi anak dalam pembelajaran daring disertai observasi ekspresi wajah saat wawancara berlangsung. Wawancara mendalam dilakukan sebanyak 3-4 kali hingga tercapai saturasi informasi dan selanjutnya dituangkan  dalam bentuk transkrip, koding, kategori dan tema. Metoda Colaizzi digunakan dalam menganalisis transkrip hasil wawancara. Penelitian menghasilkan 5 tema utama yaitu: kesedihan menghadapi perubahan perilaku anak, pesimisme  terhadap hasil belajar anak, emosi kemarahan yang tidak  tertahan, penyesalan atas pemberian hukuman dan ikhlas menerima takdir. Disarankan agar penyediaan hotline service penanganan kasus psikologis lebih  gencar disebarluaskan dan penyebarluasan informasi berkaitan dengan mekanisme koping adaptifnya bagi anak dan ibu, sehingga dapat menyikapi  perubahan akibat dampak Covid-19 dengan konstruktif.

Published
2021-05-31
How to Cite
Yunike, Y., & Kusumawaty, I. (2021). Kondisi Psikologis Ibu Dalam Mendampingi Anak Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 8(1), 23-36. https://doi.org/10.36743/medikes.v8i1.261
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.