PENGARUH PEMBERIAN TABLET Fe DENGAN PENAMBAHAN SARI KACANG HIJAU DALAM PENINGKATAN KADAR Hb IBU HAMIL

  • Wenny Indah Purnama Eka SarI Poltekkes Kemenkes Bengkulu
  • Almaini Almaini Poltekkes Kemenkes Bengkulu
  • Dahlia Dahlia Poltekkes Kemenkes Bengkulu
Keywords: Green bean, Iron Tablet, Level Haemoglobin

Abstract

Nutrisi menjadi salah satu faktor  yang ikut berpengaruh hasil akhir suatu kehamilan. Pemenuhan kebutuhan gizi selama kehamilan yang tidak tercukupi, dapat menyebabkan anemia. Pengaruh  anemia dalam  kehamilan  dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur dan gangguan pertumbuhan janin. Untuk menanggulangi anemia, peningkatan asupan makanan dapat diupayakan dengan mengonsumsi bahan makanan yang mengandung zat gizi tinggi dan meningkatkan absorpsi besi. Salah satu bahan makanan yang kaya zat besi adalah sayuran berwarna hijau serta kacang-kacangan. Salah satu jenis kacang-kacangan yang mengandung zat besi tinggi adalah kacang hijau (Phaseolus Radiatus L). Penelitian ini bersifat quasi eksperimental dengan dengan jumlah sampel 36 orang ibu hamil trimester III dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling dibagi dua kelompok, kelompok perlakukan dan kontrol. Kelompok perlakuan di berikan tablet Fe dengan penambahan sari kacang hijau selama 7 hari, sedangkan kelompok kontrol di berikan tablet Fe saja. Pengujian statistik menggunakan uji wilcoxon diperoleh nilai p = 0.000 menunjukan ada perbedaan kadar hemoglobin pada kelompok perlakukan dan kelompok Kontrol. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh pemberian tablet Fe dengan penambahan sari kacang hijau dalam peningkatan kadar Hb pada ibu hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Nanti Agung Kabupaten Kepahiang Tahun 2019.  Simpulan penelitian ini adalah pemberian tablet Fe dengan penambahan sari kacang hijau efektif meningkatkan kadar Hb pada ibu hamil TM III.

Published
2020-11-30
How to Cite
SarI, W., Almaini, A., & Dahlia, D. (2020). PENGARUH PEMBERIAN TABLET Fe DENGAN PENAMBAHAN SARI KACANG HIJAU DALAM PENINGKATAN KADAR Hb IBU HAMIL. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 7(2), 347-356. https://doi.org/10.36743/medikes.v7i2.239
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.