PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN PERTOLONGAN PERTAMA TERSEDAK DENGAN MOBILE APLICATION DAN PHANTOM PADA ORANG TUA DI TK TAMAN SUKARIA TERHADAP KEMAMPUAN KELUARGA

  • endang suartini Poltekkes kemenkes banten
  • Kusniawati Kusniawati Jurusan Keperawatan Tangerang Politeknik Kesehatan Kemenkes Banten
Keywords: Health Education, Skills, Choking

Abstract

Tersedak merupakan kondisi gawat darurat yang harus cepat ditangani. Karena, bila dibiarkan terlalu lama tubuh bisa mengalami kekurangan oksigen (hipoksia) dan mengakibatkan kematian. Di Amerika Serikat pada tahun 2010 didapatkan data 710 kasus tersedak terjadi pada anak usia dibawah 4 tahun. Dengan persentase kejadian 11,6% terjadi pada anak usia dibawah 1 tahun, 36,2% terjadi pada anak usia 1 hingga 2 tahun dan 29,4% terjadi pada anak usia 2 hingga 4 tahun (American Academy of Pediatric; AAP, 2010). Salah satu untuk meningkatkan pengetahuan tentang penanganan tersedak yaitu memberikan pendidikan kesehatan. Hal ini berkaitan dengan peran perawat sebagai educator atau pendidik atau memberikan penyuluhan. Tujuan mengetahui perbedaan rerata kemampuan  keluarga menggunakan phantom sebelum dan sesudah dilakukan pendidikan kesehatan tentang penanganan tersedak pada orang tua di TK Taman Sukaria. Metode Penelitian menggunakan Pre Eksperimental dengan one group pretest posttest design. Hasil Penelitian menunjukan tidak ada perbedaan yang signifikan antara pengetahuan orang tua sebelum dan sesudah dilakukan pendidikan kesehatan pertolongan pertama tersedak yakni nilai P Value 0,323 (> α 0,05), sedangkan terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan orang tua sebelum dan sesudah dilakukan pendidikan kesehatan pertolongan pertama tersedak yakni nilai P Value 0,000 (< α0,05). Saran Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan pertolongan pertama tersedak dengan Google Form dan Phantom pada Orang tua di TK Taman Sukaria terhadap keterampilan keluarga sehingga diharapkan penelitian ini dapat dijadikan modul kompetensi untuk orang tua melakukan penanganan pertama tersedak.

References

Darmawan, Anthony Christian. 2016. Kiat Mengatasi Tersedak pada Anak. Ikatan Dokter Anak Indonesia. http://www.idai.or.id/artikel/klinik/keluhan-anak/kiat-mengatasi-tersedak-pada-anak. Diperoleh tanggal 18 Januari 2019.

Edwina. 2010. Pertolongan Pertama dan Bedah Klinis. Jakarta: EGC

Fitriani, Sinta. 2011. Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Hidayat, Aziz Alimul. 2017. Metodologi Penelitian Keperawatan dan Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika

Notoatmodjo, Soekidjo. 2007. Kesehatan Masyarakat: Ilmu dan Kiat. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Notoatmodjo, Soekidjo. 2018. Kesehatan Masyarakat: Ilmu dan Kiat. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Nursalam. 2017. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis Edisi 4. Jakarta: Salemba Medika

Pusponegoro, A.D., et al. 2018. Basic Trauma Life Support & Basic Cardiac Life Support Edisi ketujuh. Jakarta: Yayasan Ambulans Gawat Darurat 118

Rahayu, Rika Puji. 2014. Skripsi. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Orang Tua Dalam Menangani Anak Tersedak di Desa Kedungsoka Pulo Ampel Serang Banten. Program Studi Ilmu Keperawatan. Stikes Jenderal Achmad Yani, Yogyakarta. http://repository.unjaaya.ac.id/957/. Diperoleh tanggal 04 Februari 2019.

Somasetia, Dadang Hudaya. 2017. Yang Harus Dilakukan Jika Anak Tersedak. Ikatan Dokter Anak Indonesia. http://www.idai.or.id/artikel/klinik/keluhan-anak/yang-harus-dilakukan-jika-anak-tersedak. Diperoleh tanggal 18 Januari 2019.

Sumarningsih, Dwi. 2015. Skripsi. Pengaruh Edukasi Keluarga Tentang Pencegahan dan Penanganan Tersedak Pada Anak Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Keluarga Dusun Ngebel RT.09 Taman Tirto Kasihan Bantul. Program Studi Ilmu Keperawatan. STIKES ‘Aisyiyah, Yogyakarta. http://digilib.unisayogya.ac.id/201/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf . diperoleh tanggal 01 Februari 2019.

TIM Bantuan Medis BEM IKM FKUI. 2015. Modul Bantuan Hidup Dasar dan Penanganan Tersedak. Universitas Indonesia, Depok. http://tbmfkui.org/wp-content/uploads/2015/08/Modul-Bantuan-Hidup-Dasar-dan-Penanganan-Tersedak-TBM-BEM-IKM-FKUI.pdf. Diakses tanggal 19 Januari 2019.

Published
2020-11-30
How to Cite
suartini, endang, & Kusniawati, K. (2020). PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN PERTOLONGAN PERTAMA TERSEDAK DENGAN MOBILE APLICATION DAN PHANTOM PADA ORANG TUA DI TK TAMAN SUKARIA TERHADAP KEMAMPUAN KELUARGA. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 7(2), 411-422. https://doi.org/10.36743/medikes.v7i2.231
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.