HUBUNGAN MUTU PELAYANAN ASUHAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BPJS KESEHATAN DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RSUD MANGUSADA

  • Putu Widiastuti STIKES Bina Usada Bali
  • IGAA Sherlyna Prihandhani STIKES Bin Usada Bali
  • Ni Putu Rini Pradnyasari STIKES Bina Usada Bali
Keywords: Quality Service, Dimension, Nursing Care, Nursing, Hospital

Abstract

Pelayanan kesehatan yang bermutu dapat dilihat berdasarkan lima dimensi mutu, yaitu cepat tanggap (responsiveness), kehandalan (reliability), terjamin (assurance), empati (empathy), dan bukti langsung (tangible). Berdasarkan hasil wawancara dan analisis dokumen di RSUD Mangusada terjadi penurunan jumlah pasien rawat inap dari 64.804 pada tahun 2015 menjadi 7.307 jiwa pada tahun 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan asuhan keperawatan dengan kepuasan pasien pengguna BPJS Kesehatan di ruang rawat inap kelas III Rumah Sakit Umum Daerah Mangusada. Desain penelitian ini adalah Cross Sectional dengan jumlah sampel 85 orang yang dipilih melalui teknik purposive sampling dengan menggunakan kriteria inklusi dan ekslusi. Kuesioner digunakan sebagai instrumen dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan menggunakan uji univariat dan bivariat. Uji yang digunakan pada penelitian ini Chi-square (p value <α, α=0, 05). Hasil uji statistik diperoleh hasil bahwa p value 0, 000 < α=0, 05, sehingga dapat disimpulkan bahwa mutu pelayanan yang terdiri dari lima dimensi mutu mempunyai hubungan yang signifikan dengan kepuasan pasien pengguna BPJS Kesehatan. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar kedepannya pihak pelayanan kesehatan mempertahankan mutu pelayanan asuhan keperawatan berdasarkan lima dimensi mutu pelayanan sehingga tujuan dari institusi dalam hal kepuasan pasien mampu tercapai.

References

Asmuji. (2013). Manajemen keperawatan Cetakan Ke II. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Chen, W., & Chang, L. (2017). Research into Care Quality Criteria for Long Term CaChen, W., & Chang, L. (2017). Research into Care Quality Criteria for Long Term Care Institutions. Retrieved from http://journals.lww.com/jnrtwna/Abstract/2007.re Institutions. Retrieved from http://journals.lww.com/jnrtwna/Abstract/2007.

Chunlaka, P. (2010). International Patients Satisfaction toward Nurses Service Quality at Samitivej Srinakarin Hospital. Retrieved from http://thesis.swu.ac.th/swuthesis/Bus_Eng_Int_Com/Poramaphorn.C.pdf

Hermanto, D. (2016). Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Kebidanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kebidanan di RSUD Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Bulungan Kalimantan Timur. Semarang: Universitas Diponogoro.

Kotler, P. (2017). Dasar-dasar Pemasaran. Jilid Sembilan. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Indeks.

Manimaran, S., D. (2010). A Study of Patients Expectation and Satisfaction in Dindigul Hospitals. Retrieved from http://ipublishing.co.in/ajmrvol1no1/EIJMRS1004.pdf.

Muninjaya, A. (2011). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC.

Nursalam. (2011). Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba Medika.

Putra, S. (2015). Hubungan Pelayanan Asuhan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien Pengguna Kartu BPJS di Ruang Rawat Inap Zal Bedah RSUD DR. Achmad Mochtar Bukit tinggi. Retrieved from file:///C:/Users/user/Downloads/Documents/47-96-1-PB.pdf

Rasheed, N., & Dkk. (2012). Client Satisfaction and Perceptions About Quality of Health Care at a Primary Health Centre of Delhi, India. Retrieved from file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/236-1740-1-PB.pdf

RSUD Mangusada. (2018). Laporan Jumlah Pasien BPJS Kesehatan. Badung.

Sri. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Pasien tentang Mutu Pelayanan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi dengan Minat Kunjung Ulang Pasien di Instalasi Rawat Jalan RSI Sultan Agung Semarang. Universitas Diponogoro.

Sulistyo, P. (2016). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS di Puskesmas Delanggu Kabupaten Klaten. Retrieved from file:///C:/Users/user/Downloads/Documents/01-gdl-petrusbamb-1465-1-skripsi-o.pdf

Tjiptono, F. (2016). Total Quality Management. Edisi ke-5 (A. Offset, Ed.). Yogyakarta.

Published
2020-11-30
How to Cite
Widiastuti, P., Prihandhani, I., & Pradnyasari, N. P. (2020). HUBUNGAN MUTU PELAYANAN ASUHAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BPJS KESEHATAN DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RSUD MANGUSADA. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 7(2), 365-374. https://doi.org/10.36743/medikes.v7i2.230
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.