KONSENTRASI LOGAM BERAT (Pb,Cd,Hg) PADA AIR SUMUR PENDUDUK DI KAMPUNG SAYUR DESA TALAGA

  • Diana Rinawati Poltekkes Kemenkes Banten
Keywords: logam berat, jarak sumur

Abstract

Lahan pembuangan limbah industri di desa Talaga kecamatan CIkupa dipergunakan oleh sebagian besar industri di wilayah cikupa untuk membuang limbah padat yang dihasilkan dari proses produksi. Disekitar lahan pembuangan limbah terdapat pemukiman penduduk dan lahan tanaman sayuran. Sehubungan dengan hal tersebut  maka perlu diketahu konsentrasi logam berat (Pb,Cd,Hg) pada air sumur penduduk yang terdapat disekitar lahan pembuangan limbah iondustri. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif analitik dengan menggunakan analisis statistik uji Korelasi Bivariat. Populasi penelitian ini adalah sumur penduduk yang berada disekitar lahan pembuiangan limbah industri. Sampel diambil dengan metode purposive sampling dimana sampel diambil dalam jarak terjauh dan terdekat dari lokasi lahan pembuangan limbah industri. Data diperoleh dengan melakukan pemeriksaan sampel air sumur sebanyak 10 titik sampel dengan masing-masing paremeter logam berat Kadmium. Timbal, Merkuri.  Untuk menentukan titik sampling menggunakan google earth, sehingga didapat jarak dalam satuan meter. Hasil penelitian diperoleh data bahwa konsentrai logam berat Kadmium. Timbal dan Merkuri pada sepuluh titik sampling sebagian besar berada dibwah baku mutu dengan nilai LOQ tidak terdektsi karena nilai yang ditunjukkan alat negative. Akan tetapi  konsentrasi Merkuri dengan jarak 79 m nenunjukkan nilai yang berada diatas bakumutu yaitu 1,17 ppm. Hasil uji statistic tidak ada hubungan antara jarak lahan pembuangan limbah industri dengan konsentrai logam berat pada sumur penduduk.

 

Published
2021-05-31
How to Cite
Rinawati, D. (2021). KONSENTRASI LOGAM BERAT (Pb,Cd,Hg) PADA AIR SUMUR PENDUDUK DI KAMPUNG SAYUR DESA TALAGA. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 8(1), 91-100. https://doi.org/10.36743/medikes.v8i1.228
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.