EFEKTIVITAS PENYULUHAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG GIZI SEIMBANG PADA BALITA DI KELURAHAN TINGKIR LOR, KOTA SALATIGA

  • Farida Utaminingtyas Universitas Aufa Royhan Padangsidimpuan
Keywords: Gizi seimbang balita, pengetahuan, penyuluhan

Abstract

Balita adalah anak yang telah menginjak usia diatas satu tahun atau usia anak dibawah lima tahun. Setiap tahun lebih dari sepertiga kematian anak didunia berkaitan dengan masalah kurang gizi. Akibat dari masalah gizi balita dapat menyebabkan efek yang serius, seperti kegagalan pertumbuhan fisik serta tidak optimalnya perkembangan dan kecerdasan, bahkan dapat menimbulkan kematian pada balita. Masalah gizi pada balita ini dapat dihindari apabila ibu memiliki pengetahuan yang cukup tentang cara pemberian makanan dan mengatur makanan balita dengan baik, salah satunya adalah dengan mendapatkan penyuluhan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penyuluhan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan ibu tentang gizi seimbang balita di kelurahan Tingkir Lor kota Salatiga. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Pra Eksperimental dengan rancangan one group pre test and post test design pada ibu balita. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 34 responden, dengan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan kuesioner. Analisis data menggunakan statistik nonparametrik dengan uji Wilcoxon. Hasil uji wilcoxon signed rank tests menunjukkan hasil nilai p = 0,000 lebih kecil dari α = 0,05, maka H0 ditolak yang berarti ada pengaruh penyuluhan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan ibu tentang gizi seimbang balita. Simpulan, penyuluhan kesehatan tentang gizi seimbang pada balita yang diberikan kepada ibu efektivitas dalam meningkatkan pengetahuan.

 

Kata kunci : Gizi seimbang balita, pengetahuan, penyuluhan

References

Arikunto, S. (2006) Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Azria, C. R. (2016) ‘Pengaruh Penyuluhan Gizi Terhadap Pengetahuandan Perilaku Ibu Tentang Gizi Seimbang Balita Kota Banda Aceh’, Jurnal Kedokteran Syiah Kuala, 16(2), pp. 87–92.
Ditamarte, L. (2011) Pengaruh Penyuluhan Gizi terhadap Pengetahuan Ibu tentang Gizi Balita Di Desa Argotirto Kabupaten Malang. UniversitasNegeri Malang. Available at: http://library.um.ac.id.
Handayani, I. (2008) Hubungan Antara Sosial Ekonomi Keluarga dengan Status Gizi Balita Indonesia, Ipb.Ac.Id. Institute Pertanian Bogor. Available at: http://repository.ipb.ac.id.
Kemenkes RI (2015) ‘Situasi anak balita di Indonesia’. Jakarta: Kemenkes RI.
Kementerian Kesehatan RI Badan Penelitian dan Pengembangan (2018) ‘Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar’, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, pp. 1–100. doi: 1 Desember 2013.
Kusumaningtyas, D. A. (2011) Pengaruh Penyuluhan Gizi Terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu Mengenai Pemberian Makanan Tambahan yang Baik untuk Balita. Universitas Sebelas Maret. Available at: https://eprints.uns.ac.id.
Leokuna, J. M. (2016) Pengetahuan Ibu tentang Gizi Balita Sebelum Sesudah Penyuluhan di RW 10 Kampung Citis Desa Cihanjung Bandung Barat tahun 2016. Universitas Advent Indonesia. Available at: https://docplayer.info.
N, S. (2009) Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Pola Pemberian ASI, MP ASI dan Pola Penyakit Pada Bayi 0-12 bulan di Dusun III Desa Limau Manis Kecamatan Tanjung Kabupaten Deli Serdang, USU Repository 2009. Universitas Sumatera Utara.
Notoatmodjo (2007) Kesehatan Masyarakat Ilmu Dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. (2014) Menjaga Kesehatan Balita. Jakarta: Rineka Cipta.
Novaria, T. (2014) Menjaga Kesehatan Balita. Surakarta: Platinum.
Nursalam (2008) Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Rozali N, Subagyo B, W. E. (2016) ‘Peranan Pendidikan, Pekerjaan Ibu Dan Pendapatan Keluarga Terhadap Status Gizi Balita di Posyandu Rw 24 dan 08 Wilayah Kerja Puskesmas Nusukan Kota Surakarta’, eprints.ums.ac.id.
Sinuhaji L (2018) ‘Efektifitas Penyuluhan Dan Media Leaflet Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Balita Tentang Gizi Buruk di Dusun VII Desa Bangun rejo Kecamatan Tanjung Morawa Utara Tahun 2018. No Title’, Jurnal Ilmiah Kohesi, 1.
Susanti, R., Indriati, G. and Utomo, W. (2014) ‘Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Gizi Dengan Status Gizi Anak Usia 1-3 Tahun’, Jurnal Online Psik, 1(2), pp. 1–7.
Susilowati, H. (2017) ‘Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Gizi Balita dengan Status Gizi Balita di wilayah Kerja Puskesmas Gajah 1 Demak’, Jurnal Kebidanan, 6(13), pp. 21–25.
Tengah, D. K. P. J. (2018) ‘Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018’, Dinkes Provinsi Jawa Tengah. Semarang.
UNICEF (2013) ‘Improving Child Nutrition: The Achievable Imperative for Global Progress. Division of Communication’, UNICEF, pp. 1–2. Available at: www.unicef.org/publications/index.html.
Published
2020-05-31
Section
Articles