Hubungan Antara Prosedur Pelayanan, Kemampuan Petugas Pelayanan, Kecepatan Pelayanan, Dan Kenyamanan Lingkungan Dengan Tingkat Kepuasan Akseptor Kb Pada FKTP Yang Teregristrasi K/O/Kb Di Kota Cilegon Tahun 2018

  • Sri Susanti Poltekkes Aisyiyah
  • Ika Apriyanti
  • Deden Gumilar Nugraha
  • Deden Gumilar Nugraha
Keywords: Tingkat Kepuasan Aseptor KB

Abstract

Abstrak

Hubungan Antara Prosedur Pelayanan, Kemampuan Petugas Pelayanan, Kecepatan Pelayanan, Dan Kenyamanan Lingkungan Dengan Tingkat Kepuasan Akseptor Kb Pada FKTP Yang Teregristrasi K/O/Kb Di Kota Cilegon Tahun 2018

Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara prosedur pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, kecepatan pelayanan, dan kenyamanan lingkungan dengan tingkat kepuasan Akseptor  KB pada FKTP yang teregister K/0/KB di kota Cilegon.

Metode Cross Sectional. Lokasi penelitian sebanayak 27 faskes. Populasi seluruh Akseptor KB yang berkunjung ke faskes di Cilegon yang telah teregristrasi K/0/KB. Sampel pada penelitian ini adalah 200 responden. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan Accidential Sampling

Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan bermakna antara Prosedur Pelayanan, Kecepatan Pelayanan, Kemampuan Petugas dan kenyamanan lingkungan dengan kepuasan responden pengguna layanan KB

Saran yang harus dijadikan prioritas utama dalam perbaikan pelayanan disesuaikan dengan hasil temuan penelitian ini  adalah  ;(1) Ketepatan waktu pelayanan (2) peningkatan kompetensi petugas dalam kegiatan KIE (3) perbaikan tata kelola penataan srana dan prasarana di fasilitas kesehatan

(4) Pelatihan  costumer  satiscaction  bagi tenaga kesehatan (5) evaluasi secara berkelanjutan terhadap kinerja publik pemberil layanan KB pada faskes yang terintegrasi K/0/KB

References

1. Chasanah U. Pengukuran Kinerja Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Puskesmas Kalirungkut Surabaya. J Ilmu Ris Akunt. 2013;2 (3).
2. Saefudin. Buku Panduan Pelayanan Kontrasepsi. In Jakarta: Yayasan Bina Pustaka; 2013.
3. Bharata. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. In Jakarta: Media Komutinda Gramedia; 2014.
4. Pemerintah BPUPIKMUPI. Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah. In 2004.
5. Azwar A. Pengantar Administrasi Kesehatan. In: Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta: Bina Rupa Aksara; 2010.
6. Mukti AG. Strategi Terkini Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Yogyakarta. In Yogyakarta: Karya Husada Mukti; 2007.
7. Nurnawati. Mutu Pelayanan Kebidanan. In Jakarta: Trans Info Media; 2010.
8. Efendi F. Keperawatan Kesehatan Komunitas Teori dan Praktik dalam Keperawatan Pada Puskesmas Kalingurut Surabaya. In Jakarta: Salemba Medika; 2009.
9. Zeithaml VAJ of the AMS. Service Quality, Profitability, and the Economic Worth of Customers. https://link.springer.com/journal/11747. 2000;28:67.
Published
2020-05-31
Section
Articles