PENGEMBANGAN KONSELING DALAM LAYANAN ANTENATAL CARE DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA

  • Rosida Hi. Saraha Rosida Hi. Saraha
Keywords: Konseling, layanan antenatal, Multimedia

Abstract

Antenatal care yang memadai oleh penyedia layanan kesehatan profesional telah terbukti tidak hanya untuk mengurangi morbiditas dan mortalitas ibu, janin dan bayi tetapi juga untuk meningkatkan status kesehatan dan perilaku pengasuhan ibu setelah anak lahir. Praktik kesehatan telah dan akan terus berlanjut meningkatkan layanan dengan menggunakan teknologi dalam perawatan kesehatan. Pemberi layanan kesehatan salah satunya bidan diharapkan dapat memodifikasi pemberian konseling dalam layanan antenatal dengan menggunakan multimedia untuk meningkatkan kualitas layanan yang akan berdampak pada kepuasan pasien. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan terhadap layanan antenatal care menggunakan multimedia. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan desain penelitian ini adalah One Group Pre Test Post Test Design. Hasil, secara statistik terdapat perbedaan tingkat kepuasan terhadap komunikasi dalam Layanan Antenatal Care yang Tanpa MenggunakanĀ  dan Menggunakan Multimedia dengan nilaiĀ  p < 0,003.

Published
2019-11-30
How to Cite
Saraha, R. (2019). PENGEMBANGAN KONSELING DALAM LAYANAN ANTENATAL CARE DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 6(2), 177-192. https://doi.org/10.36743/medikes.v6i2.182
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.