PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN IMUNISASI TERHADAP KECEMASAN ANAK PRA IMUNISASI DI KOTA TANGERANG TAHUN 2018

  • endang suartini Poltekkes kemenkes banten
  • Dwi Aprilina Andriani Poltekkes kemenkes banten
Keywords: health education, anxiety, immunization

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Ketakutan dan kecemasan pada anak terhadap imunisasi akan menimbulkan reaksi-reaksi pada saat dilakukan imunisasi. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi kecemasan pada anak dengan memberikan informasi atau pendidikan kesehatan terkait imunisasi kepada anak. Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan imunisasi terhadap kecemasan anak pra imunisasi Desain penelitian menggunakan quasi experiment dengan pendekatan Pretest-Posttest Control Group Design. Pada penelitian ini terdapat dua kelompok, yaitu kelompok intervensi dan kelompok kontroL pada bulan Agustus dan September. Sampel penelitian ini adalah siswa SD di Taman Sukarya 1 dan 2 data dikumpulkan menggunakan lembar kuesioner, data diolah dan dianalisis dengan Univariat dan Bivariat dengan uji mann-whitney. Hasil penelitian menunjukan tidak ada pengaruh pendidikan kesehatan imunisasi terhadap kecemasan anak pra imunisasi (p = 0,116).

Published
2019-11-30
How to Cite
suartini, endang, & Andriani, D. (2019). PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN IMUNISASI TERHADAP KECEMASAN ANAK PRA IMUNISASI DI KOTA TANGERANG TAHUN 2018. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 6(2), 239-246. https://doi.org/10.36743/medikes.v6i2.170
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.