HUBUNGAN LAMANYA MENSTRUASI DENGAN KADAR HAEMOGLOBIN PADA MAHASISWI POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES BANTEN

  • Parta Suhanda Poltekkes Kemenkes Banten
  • Suyatini Suyatini Poltekkes Kemenkes Banten
Keywords: Menstruasi, kadar Hb

Abstract

Latar belakang :. Proses menstruasi merupakan kondisi normal yang dialami wanita setelah masuk masa pubertas, prosess ini apabila berlangsung tidak normal akan berpengaruh pada kadar hemoglobin, banyak faktor yang mempengaruhi Hb dimana kadar Hb yang rendah akan mempengaruhi banyak faktor diantaranya prestasi belajar menurun karena anemia. Tujuan penelitian : mengetahui apakah ada hubungan lamanya menstruasi dengan kadar Hb pada mahasiswi Poltekkes Kemenkes Banten. Metodologi penelitian : Penelitian ini menggunakan desain pre post desain dengan mengukur lamanya menstruasi dihubungkan dengan kadar Hb setelah menstruasi, sampel sebanyak 35 responden dan  diukur kadar Hb dengan metode auto analizar. Hasil penelitian : Rerata lamanya menstruasi 6 hari dengan rentang 3 – 8 hari, rerata kadar haemoglobin sebelum 12.67 g/dl, dan setelah 12.06 g/dl. Hasil uji statistik koefisien korelasi (r=-0.12) hubungan lemah, dengan pola hubungan negatif dan nilai (p=0.492) tidak ada hubungan yang bermakna antara lamanya menstruasi dengan kadar haemoglobin. Kadar Hb pada penelitian ini tidak dipengaruhi oleh lamanya menstruasi, dimungkinkan dipengaruhi oleh faktor lain. Seperti asupan makanan, kondisi sumsum tulang tulang dll. Kesimpulan : Tidak ada hubungan yang bermakna antara lamanya menstruasi dengan kadar Hb, pola hubungan negatif.

References

1. Wahyuni Pradyptasari. dkk. 2013 “Hubungan Konsumsi Makanan Mengandung Fitoestrogen dengan Siklus Menstruasi pada Siswi Kelas X SMAN 21 Makasar” Program Studi Ilmu Gizi. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Hasanudin. Makasar.
2. Prastika Dewi. A. 2011. “Hubungan Lama Menstruasi Terhadap Kadar Hemoglobin pada Remaja Siswi SMAN 1 Wonosari” KTI. Program Studi DIV Kebidanan. Fakultas Kedokteran. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
3. Sari. Hardhianti Ayu Mustika. 2011. “Perbedaan Kadar Hb 2 Hari Sebelum Menstruasi dan 2 Hari Setelah Menstruasi” KTI. Program Studi D3 Analis Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya.
4. Hoffbrand A. V. dkk. 2012. “Kapita Selekta Hematologi Edisi 4”. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta.
5. Puspita Ratna. “Mengukur Kadar Hemoglobin Sebelum dan Sesudah Menstruasi Berdasarkan Lamanya Siklus Menstruasi pada Siswi SMPN 7 Semarang”. Universitas Muhamadiyah Semarang. Semarang.
6. Yamin Tentri. 2012. “Hubungan Pengetahuan. Asupan Gizi dan Faktor Lain yang Berhubungan dengan Kejadian Anemia pada Remaja Putri di SMA Kabupaten Kepulauan Selayar”. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat Peminatakan Kebidanan Komunitas . Universitas Indonesia. Depok.
7. Chandranita. Ayu. dkk. 2009. “ Memahami Kesehatan Reprouksi Wanita Ed. 2”. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta.
8. Heffner. Linda J. dkk. “At a Glance Sistem Reproduksi Edisi Kedua”. Erlangga Medical Series. Jakarta.
9. Jeniawaty. Sherly. Dkk. 2008. “Peningkatan Kadar Hemoglobin Wanita Usia Subur Dengan Tablet Tamba Darah Sewaktu Menstruasi”. Jurnal Penelitian Politeknik Kesehatan Depkes Surabaya
Published
2016-11-30
How to Cite
Suhanda, P., & Suyatini, S. (2016). HUBUNGAN LAMANYA MENSTRUASI DENGAN KADAR HAEMOGLOBIN PADA MAHASISWI POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES BANTEN. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 3(2), 143-148. https://doi.org/10.36743/medikes.v3i2.102
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.