Eksplorasi Fungi Endofit pada Rumput Jekeng (Cyperus iria L.)

  • Hamtini Hamtini Poltekkes Kemenkes Banten
  • Yuni Trisna Lestari Poltekkes Kemenkes Banten
  • Nining Kurniati Poltekkes Kemenkes Banten
  • Diana Rinawati Poltekkes Kemenkes Banten
Keywords: Fungi endofit, Rumput jekeng (Cyperus iria) L., Eksplorasi

Abstract

Fungi endofit merupakan fungi yang hidup di dalam sistem jaringan tumbuhan tanpa menimbulkan efek negatif pada tanaman inangnya. Fungi endofit mampu menghasilkan senyawa bioaktif seperti antibakteri, antikanker, antivirus dan antifungi. Rumput jekeng (Cyperus iria L.) adalah tumbuhan yang termasuk gulma teki yang hidup musiman (annual) ataupun tahunan (parenial), sering ditemukan di lading terbuka, pertanian, padang rumput, tepi jalan, dan pinggiran sungai. Rumput jekeng biasanya tumbuh di negara tropis dan subtropis, salah satunya adalah Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya fungi endofit pada rumput jekeng (Cyperus iria L.) Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan uji laboratorium sterelisasi permukaan akar, batang dan daun, isolasi fungi endofit secara makroskopis. Hasil isolasi fungi endofit diperoleh 9 isolat fungi yaitu AK 3, BT 4, DN 1.1, DN 1.2, DN 1.3, DN 4.1, DN 4.2, DN 5.1 dan DN 6. Karakteristik morfologi dari jenis fungi yang di dapat yaitu bagian depan seperti powdery, velvery, cottony dan wolly, untuk warna ada yang berwarna hijau, abu-abu, putih kekuningan, hijau tepian putih, putih krem, dan hijau gelap.

Published
2023-04-30
How to Cite
1.
Hamtini H, Lestari Y, Kurniati N, Rinawati D. Eksplorasi Fungi Endofit pada Rumput Jekeng (Cyperus iria L.). JoMLR [Internet]. 30Apr.2023 [cited 29Mar.2024];1(2):40-4. Available from: http://jurnal.poltekkesbanten.ac.id/JoMLR/article/view/483

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.